Portal Berita Papua Barat

Selain Beramal, Donor Darah Juga Bagus Untuk Kesehatan

0 15
dr. Adhe Ismawan,Unit Donor Darah Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Papua Barat. Foto : (THX/PBOKE)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Kebutuhan darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Papua Barat setiap bulan mencapai 500 kantong.

Itu digunakan untuk tindakan persalinan, kecelakaan lalu lintas dan penanganan penyakit kronis, baik di Rumah Sakit Umum maupun fasilitas kesehatan lain. Hanya saja, kondisi ini tidak berbanding lurus dengan partisipasi masyarakat yang masih rendah.

“Kesadaran masyarakat di Manokwari mendonor darah masih rendah. Pemicunya antara lain kurangnya pemahaman tentang manfaat donor darah. Ini yang sedang kita gencarkan untuk melakukan sosialisasi di berbagai instansi,” ujar dr. Adhe Ismawan, Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Papua Barat, Sabtu (12 Agustus 2017).

Baca Juga:  BEI Gelar 'Yuk Berbagi Darah' Untuk Manokwari

Menurutnya, donor darah tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan, melainkan juga bermanfaat bagi pendonor. Diantaranya, jika kita mengeluakan darah sebanyak 250 Cc atau per kantong, akan merangsang tubuh kita membentuk sel darah merah baru.

“Tentu sangat baik sekali bagi metabolisme tubuh. Darah berfungsi untuk mengangkut makanan ke sel tubuh. Kalau darah kita selalu baru yang aktif berdonor setiap 3 bulan sekali, metabolisme tubuh kita kan bagus dan dapat terhindar dari penyakit kolesterol, diabetes, sama urat, hipertensi,” bebernya.

Ia mengaku kebutuhan darah yang paling banyak dibutuhkan dan mudah dipenuhi adalah golongan darah A dan O. Berbeda dengan golongan darah AB dan B yang sulit didapat.

“Kebutuhan darah paling banyak disalurkan ke RSUD Manokwari sekitar 70 persen, kemudian RSAL dan beberapa klinik swasta serta fasilitas kesehatan lain,” pungkasnya. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!