Portal Berita Papua Barat

Solusi Penanganan Campak dan Gizi Buruk Bukan Relokasi, Tapi Peningkatan Pelayanan Kesehatan

0 56
Penanganan Campak dan Gizi Buruk, Asmat Papua (Foto: Ist)
Manokwari,Papuabaratoke.com – Penanganan KLB campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat harus dilakukan dengan membuat perencanaan yang matang.

Perencanaan tersebut mulai dari jangka pendek, jangka menengah dan panjang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (BARA JP) Provinsi Papua,  Diben Elaby kamis (25/1/2018).

Dengan perencanaan yang baik, Ia berharap kasus tersebut tidak akan terjadi lagi.

Selain perencanaan,  menurutnya sistem pelayanan jemput bola atau langsung mendatangi masyarakat harus dilakukan untuk memastikan tidak ada masyarakat bebas dari segala macam penyakit termasuk campak dan gizi buruk.

“Jadi saya sependapat dengan Gubernur Papua Lukas Enembe bahwa masyarakat tidak bisa di relokasi seperti apa yang diminta Presiden, karena masyarakat masih sangat tergantung kepada alam dan hidupnya berpindah pindah,” ungkapnya.

Ia mencontohkan beberapa suku di Indonesia yang tidak bisa dipindahkan seperti di Asmat seperti Suku Baduy,  Suku Talang Mamak, Suku Kubu.

“Bukan masyarakatnya yang kita pindahkan,  tapi bagaimana pelayanan kesehatan yang harus dioptimalkan dengan rutin turun mendatangi perkampungan masyarakat. Ini bisa dilakukan karena anggaran juga ada, karena,” kata Elaby.

Terlebih diterangkannya 80 persen dana otonomi khusus (Otsus)  dikelola oleh Pemerintah Kabupaten/ Kota. “Dana Otsus itu utamanya untuk pendidikan dan kesehatan,  kalau Pemerintah Kabupaten serius pasti tidak akan terjadi masalah ini,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Ia meminta agar Bupati memastikan agar Dinas Kesehatan bekerja dengan baik.

“Bantuan tidak datang terus, jadi Dinas Kesehatan dibantu Dinas yang lain harus kerja agar warga sehat. Pastikan ketersediaan dokter dan petugas kesehatan yang siap melayani masyarakat, Bupati selaku pimpinan daerah harus memastikan itu,” tuturnya.

Selain perbaikan pelayanan kesehatan, pembenahan infrastruktur juga harus sejalan seperti dengan pembuatan jalan dan penyediaan angkutan rakyat untuk memudahkan akses.

Baca Juga:  Breaking News : DPR Sahkan PERPU Ormas Jadi Undang-Undang

Dalam kesempatan ini, Elaby juga meminta agar Kabupaten lain yang ada di Papua memastikan pelayanan kesehatan warganya berjalan dengan baik.

“Kemungkinan di Kabupaten lain juga ada yang seperti ini, malahan bisa jadi tidak hanya campak dan gizi buruk,  oleh karena itu saya berharap pelayanan kesehatan di daerah terpencil harus ditingkatkan,”pungkasnya.(***/PBOKe)
Comments
Loading...
error: Content is protected !!