Portal Berita Papua Barat

Tenaga Dokter Spesialis RSUD Manokwari Masih Minim

6
dr. Alfred Bandaso

Manokwari, Papuabaratoke.com – Salah satu penyebab belum maksimalnya pelayanan medis di RSUD Manokwari, disebabkan minimnya tenaga dokter spesialis.

Hal ini harus menjadi perhatian yang serius, apalagi Manokwari sebagai rumah sakit rujukan dari kabupaten lain di Papua Barat.

“Hanya ada dokter empat besar dan bidang kecil, sedangkan seperti spesialis kulit, THT (Telinga Hidung Tenggorokan), mata dan dokter lab tidak ada,” sebutnya, Minggu (6 Agustus 2017).

Harusnya RSUD Kabupaten Manokwari, lanjut dia, sebagai rujukan dari beberapa kabupaten seperti Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni bahkan hingga dari kabupaten Nabire.

“Ini yang menjadi kelemahan rumah sakit di Manokwari, masih kekurangan banyak tenaga dokter spesialis” terang dr. Alfred Bandaso yang juga dokter umum di RSUD Manokwari.

Ditambahkan, pasien seperti misalnya yang mengalami kecelakaan seharusnya ditangani dengan cepat. Namun keterbatasan tenaga dokter membuat penanganan belum berjalan maksimal.

Ada sejumlah pasien yang terpaksa harus dirujuk ke Makassar yang memiliki dokter spesialis bedah.

“Selain tidak memiliki dokter spesialis bedah, RSUD Manokwari juga tidak memiliki dokter spesialis radiologi, spesialis saraf, dan spesialis mata,” pungkasnya. (THX/PBOKe)

Comments
error: Content is protected !!