Portal Berita Papua Barat

DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia HPI Papua Barat dan Mahasiswa Peduli Pariwisata Turut Meramaikan Festival Noken

0 92

- Advertisement -

Peserta dari Mahasiswa Peduli Pariwiisata (Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Festival Noken merupakan sebuah acara budaya yg serentak dilakukan diberbagai kota besar di Tanah Papua. DPD HPI Papua Barat bersama Mahasiswa Peduli Pariwisata turut memeriahkan kegiatan festival Noken  yang berlangsung sejak tgl 3-4 Desember di GOR Sanggeng Manokwari.

Peran serta DPD HPI  dan Mahasiswa Peduli Pariwisata adalah turut mempromosikan kegiatan festival Noken melalu jejaring media Sosial yg dimiliki, dan turut berperan aktif dengan ikut serta dalam memberikan informasi seputar dunia pariwisata di Papua Barat melalui stand pameran.

Sebagai organisasi masyarakat yg berperan dalam dunia pariwisata,  HPI dan MPP turut bertanggung jawab menginformasikan dan melestarikan noken sebagai salah satu warisan budaya Papua. Dari sisi pariwisata, kami memandang bahwa noken seharusnya menjadi salah satu Souvenir yg sangat potensial untuk dijadikan kenangan berwisata bagi setiap wisatawan yg berkunjung ke Tanah Papua.

HPI dan MPP dalam berbagai kesempatan terus berkolaborasi untuk mengembangkan potensi wisata yg ada di berbagai tempat sehingga bisa menjadi produk wisata yg mendatangkan manfaat ekonomi langsung bagi masyarakat. Demikian pula Noken yg dapat dikembangkan tidak hanya dijual produk akhirnya saja, tapi juga proses pembuatan (mulai dari penentuan bahan dasar, pewarnaan,  perajutan,  sampai hasil akhirnya), baik Proses maupun Produknya dapat dijadikan atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan.

Noken dengan berbagai motif yang dipamerkan (Istimewa)

Harapan kami, Pemerintah Daerah melalui OPD terkait bisa terus mendukung acara festival noken dengan memasukkan festival ini sebagai agenda rutin tahunan yg mendapatkan dukungan bukan hanya anggaran tapi juga promosi dan pendampingan kelompok2 pengrajin noken yg ada.  Kami juga berharap kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi untuk mendukung upaya noken sebagai warisan budaya Papua. (Tim JS)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!