Portal Berita Papua Barat

Perhatian Terhadap Seni dan Budaya Masih Minim

0 52
Perhatian Terhadap Seni dan Budaya
Perhatian Terhadap Seni dan Budaya – George W. Yomaki, ketua panitia Festival Seni Budaya Papua barat juga adalah Kepala seksi pelestarian kesenian daerah, dinas pariwisata dan kebudayaan Provinsi Papua barat.(Photo: ILO/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comPerhatian Terhadap Seni dan Budaya. Perkembangan seni dan budaya di Provinsi Papua Barat tampaknya belum menjadi prioritas bagi pemerintah. Pasalnya, seni dan budaya di provinsi ke-33 di Indonesia ini belum mendapat perhatian serius.

Kepala Seksi Pelestarian Kesenian Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat, George W. Yomaki, Minggu (8/10/2017) mengaku urusan sebi dan kebudayaan belum mendapat perhatian serius oleh pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Mungkin, bidang ini dianggap sebagai pelengkap pembangunan. Jika seni dan budaya diperhatikan baik harus mempunyai ruang besar, memberikan manfaat positif bagi sektor-sektor lain. Misalnya, sektor ekonomi dan wisata,” ujarnya.

Kata Yomaki, Papua Barat tidak dikenal dengan Raja Ampat saja. Tetapi seni dan budaya daerah ini perlu digarap sehingga bisa menjadi aset yang bisa dipakai untuk mempromosikan daerah ini dan menarik lebih banyak turis berkunjung ke Papua barat.

“Jika dikembangkan dengan baik seni dan budaya dapat menjadi ruang pengembangan diri dan berekspresi bagi generasi muda di deaerah ini sehingga tidak melakukan kegiatan amoral yang dipengaruhi perkembangan modern. Seni dan budaya juga sebagai wadah mengontrol sikap perilaku anak sehingga tahu adat,” ucap Yomaki.

Meski belum mendapat perhatian serius, lanjut Yomaki, pemuda, tokoh masyarakat, dan para seniman serta budayawan di Tanah Papua khusnya di Papua Barat, agar tetap bersemangat menjaga kemurnian seni dan budaya di daerah ini.

“Jangan berkecil hati ataupun berputus asa, tetaplah berkarya. Tetaplah ajarkan pada generasi kita. Seni dan budaya serta nilai-nilai adat istiadat harus terus di jaga. Jika itu kita tidak lakukan maka kita akan kehilangan arah dan identitas. Jika ini terjadi rusaklah bangsa kita,” tandasnya. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!