Portal Berita Papua Barat

400 Rumah Di Sorong Kebanjiran, Kelurahan Makotyamsa Paling Parah

0 6

Sorong, Papuabaratoke.com – Hujan yang mengguyur kota Sorong, Sabtu (12 Agustus 2017) malam sekitar pukul 19.00 WIT, mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Beberapa rumah warga pun tak luput dari kepungan banjir.

Beberapa rumah di Melati Raya, HBM, Malanu dan Moyo serta Malibela, terendam banjir. Padahal hujan mungkin Cuma berlangsung dua jam,” beber Emanuel Tufan, warga Kompleks Melati Raya, Sabtu malam. Sesuai pantauan PBOke, ketinggian air di Kompleks Melati Raya hingga pukul 22.00 WIT, mencapai betis orang dewasa. Sementara di Kompleks HBM, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Irianingsih, warga HBM, mengaku lokasi tinggalnya selalu dilanda banjir jika terjadi hujan dengan intensitas yang deras.
“Selama saya tinggal tiga tahun disini, selalu kebanjiran. Ya mau-tidak mau kami harus ungsikan barang-barang ke tempat yang aman,” akunya. Sementara, warga di Distrik Aimas, Mariat dan Mayamuk, sejak Sabtu siang juga mengalami hal yang sama. Antonia, seorang warga Makbusum, Distrik Mayamuk, mengaku harus mengungsi bersama keluarga gara-gara rumahnya terendam air.

“Kami harus mengungsi ke keluarga kami di dekat Bandara DEO. Masalah ini terus terjadi dan pemerintah daerah harus tanggap,” tegasnya. Dari laporan Kalaksa BPBD Kabupaten Sorong, hujan yang terjadi sejak Sabtu dini hari mengakibatkan banjir di Distrik Aimas, Distrik Mariat dan Distrik Mayamuk. Lokasi terparah adalah Makbusum Kelurahan Makotyamsa, Distrik Mayamuk.

Kepala BPBD Papua Barat, Derek Ampnir dalam rilisnya menjabarkan, Kampung Warmon Kokoda di Distrik Aimas, Distrik Mariat serta dua kelurahan di DistrikMayamuk, Kelurahan Makbusum dan Kelurahan Makotyamsa, terendam bajir. Dimana,kerugian materil diperkirakan 400 rumah di empat kelurahan terendam dengan ketinggian air 35–150 Cm. Hal ini disebabkan hujan deras yang mengguyur mengakibatkan Sungai di KM 10 meluap.
Saat ini BPBD Kabupaten Sorong sedang melakukan monitoring dan pendataan kerugian. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (KEY/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!