Portal Berita Papua Barat

FJPI Papua Barat Resmi Terbentuk, Waktu Dekat Akan Gelar Pelatihan Jurnalistik

0 103
FJPI Papua Barat Resmi Terbentuk
FJPI Papua Barat Resmi Terbentuk – Sejumlah Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Papua Barat yang resmi terbentuk, Minggu (11/3/2018). (Foto: Marni/PBOKe)
Sorong, Papuabaratoke.com – FJPI Papua Barat Resmi Terbentuk.  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Papua Barat resmi terbentuk.

Hal ini untuk mengusung semangat kaum perempuan sebagai garda terdepan mengawal pembangunan daerah serta memperjuangkan hak kaum perempuan.

FJPI pertama kali dibentuk di Sumatera Utara tahun 2007 silam atas dorongan dari Dewan Pers yang mengapresiasi pergerakan jurnalis perempuan di Indonesia.

“Setelah mendapatkan mandat dari FJPI pusat untuk pembentukan di wilayah Papua dan Papua Barat, maka untuk di Papua Barat baru dibentuk, hari ini,” ujar Olha Mulalinda jurnalis Antara Foto yang terpilih sebagai Ketua FJPI Papua Barat, Minggu (11/3/2018).

FJPI Papua Barat menjadi sejarah baru bagi para pewarta perempuan yang selama ini belum memiliki wadah untuk saling mendukung dan ajang silahturahmi.

Dengan adanya FJPI kedepan tutur dia, persoalan yang dihadapi jurnalis perempuan Papua Barat memiliki wadah yang tepat untuk diperjuangakan dan diadvokasi.

Pembetukan FJPI Papua Barat bisa dikatakan sangat singkat. Terpilihnya Olha Mulalinda jurnalis Antara Foto sebagai ketua FJPI, Fauziah dari Radar Sorong sebagai sekertaris dan Kumala Dewi sebagai bendahara.

Selain itu, kepengurusan juga dibantu divisi pendidikan dan pelatihan (Diklat), divisi pengembangan organisasi, divisi advokasi hukum/HAM dan divisi pemberdayaan perempuan serta divisi hubungan masyarakat.

Ketua tepilih Olha Mulalinda mengatakan, untuk program awal setelah terbentuk FJPI Papua Barat akan mengadakan pelatihan jurnalis khusus bagi perempuan dengan menggandeng Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sorong dan Kota sorong sekaligus mendeklarasikan keberadaan FJPI di wilayah Papua Barat.

“Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan bertepatan dengan hari Kartini 21 April 2018 mendatang,” kata Olha.

Terpisah, Ketua umum FJPI Pusat, Ramdeswati Pohan, yang dihubungi via telepon selulernya mengapresiasi pembentukan FJPI Papua Barat. Dia pun mengucapkan selamat kepada pengurus FJPI Papua Barat.

Baca Juga:  Miris Mahasiswa Galang Dana, Operasional FK UNIPA
Penulis : Sumarni
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com