Portal Berita Papua Barat

Gempa Bumi 3,0 SR Kembali Guncang Sorong

0 79
Kembali Guncang Sorong
Kembali Guncang Sorong – Info Gempa Mag:3.0 SR, 10-Feb-18 19:40:19 WIT, Lok:0.77 LS-131.12 BT (18 km Baratlaut Sorong, 52 km Tenggara RajaAmpat), Kedlmn:10 km, dirasakan di Sorong I-II SIG-BMKG (II-III MMI) ::BMKG. (Dok-BMKG Sorong)
Sorong, Papuabaratoke.com – Kembali Guncang Sorong.  Gempa bumi berkekuatan 3.0 skala richter (SR) dilaporkan kembali mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Pusat gempa terletak pada koordinat 0.77 LS dan 131.12 BT, tepatnya pada 18 Km Barat Laut Sorong, 52 Km Tenggara Raja Ampat pada kedalaman 10 Km. Akibatnya penjalaran getaran gempa sebagian besar dirasakan di Sorong dengan Intensitas I-II SIG BMKG (II-III MMI).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Sorong, gempa yang terjadi pada, Sabtu, 10 Februari 2018, di wilayah Sorong dari analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa tektonik bumi terjadi pada pukul 19:40:19 WIT dengan kekuatan M= 3.0 SR.

Kepala stasiun geofisika sorong Andri.W.Bidang yang dikonfirmasi, Papuabaratoke.com, Sabtu (10/2/2018) via seluler membenarkan gempabumi tektonik berkekuatan 3,0 SR tersebut.

“Benar gempa tektonik 3,0 SR guncang sorong di Sabtu malam, sekira pukul 19.40 WIT. Dimana waktunya masyarakat menikmati malam akhir pekan. Sesuai laporan awal di beberapa titik daerah di Kota Sorong, dilaporkan gempa dirasakan oleh masyarakat setempat,” tutur Andri.

Dijelaskan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi 3,0 SR ini, merupakan gempa bumi dangkal yang disebabkan aktivitas sesar aktif Sorong.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” jelasnya menambahkan.

Selain itu, terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 20.17 WIT, tidak ada gempa bumi susulan. Namun demikian masyarakat diminta untuk mengikuti skema pemberitaan dan hinbauan dari media masa elektronik dan online yang cepat dan akurat memberitakan.

Baca Juga:  John Tulus: KKKS Wajib Perhatikan Esensi Otsus di Wilayah Kerja Migas

“Masyarakat kami himbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari BPBD serta informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi yang terjadi todak berpotensi Tsunami. Dan mengupdate informasi berkala dari media pemberitaan elektronik dan online,’ pungkasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com