Portal Berita Papua Barat

Gempa Bumi Guncang Sorong

0 5

Manokwari, Papuabaratoke – Gempa bumi Berkekuatan 4,4 SR menguncang Wilayah Sorong, Minggu (30 Juli 2017).

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 16:23:50 WIT dengan kekuatan M=4.4 SR.

Pusat gempabumi terletak pada koordinat 0.82 LS dan 131.54 BT, tepatnya pada 33 Km Timur Laut Kota Sorong pada kedalaman 10 Km. Akibatnya Penjalaran getaran gempa sebagian besar dirasakan di kota Sorong.

Kepala stasiun geofisika sorong, Andri.W.Bidang melalui press realasenya mengatakan Peta tingkat guncangan (Shake Map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan di kota Sorong dan sekitarnya dengan intensitas II SIG (III-IV MMI).

“Di daerah tersebut dilaporkan gempa dirasakan oleh cukup banyak orang. Namun demikian, hingga sampai saat laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut” tuturnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif Sorong. “Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami”

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 17.05 WIT telah terjadi  1 kali gempa susulan (tidak dirasakan).

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Sumber: BMKG (VWM/PBOKe).

Comments
Loading...
error: Content is protected !!