Portal Berita Papua Barat

Ketum GMKI Harapkan Pengurus Cabang Wujudkan Tri Panggilan

0 11
Pembacaan SK pelantikan oleh ketua umum GMKI (Foto:Clemens Mandacan/PBOKe)

Sorong,Papuabratoke.com – Ketua Umum (Ketum) pengurus pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Sahat M.P. Sinurat, mengharapkan seluruh pengurus cabang GMKI Wilayah XII Papua-Papua Barat, mewujudkan tri panggilan GMKI. Yakni perguruan tinggi, gereja dan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Sinurat, usai melantik kepengurusan cabang Manokwari, Sorong dan Fak-fak yang dirangkaikan pembukaan kegiatan Pelatihan Dasar Sistem Pendidikan Kader (PDSPK) wilayah dua belas, Papua-Papua Barat di gedung gereja Maranatha, Jalan Basuki Rahmat Km-7, Kota Sorong Papua Barat, Senin (18/12/2017).

Dia menuturkan, tugas utama bagi badan kepengurusan yang dilantik, fokus melakukan pelayanan selama masa kepengurusan.

“Dua tahun kedepan, teman-teman diharapkan bisa mengemban tanggungjawab. Wujudkan tri tunggal GMKI, yaitu perguruan tinggi, gereja dan masyarakat,” ujarnya.

“Kita percaya kepemimpinan yang diajarkan sang kepala gerakan adalah kepemimpinan yang melayani, mengayomi dan pelopor,” ucapnya.

Menurut dia, dalam mengemban tanggungjawab, baik sebagai seorang anggota GMKI, pengurus komisariat, dan pengurus cabang, haruslah menjadi teladan bagi seluruh kader.

“Pengurus cabang lah yang jadi teladan, garam dan terang dalam mewujudkan tri panggilan GMKI yakni perguruan tinggi, gereja dan masyarakat,” tegasnya sekali lagi.

“Kami harapkan, kedepan bung-bung lah yang siap mengemban tugas, pelayanan yang diemban sebagai pengurus pusat selanjutnya. Harus bisa seperti salah satu kader wilayah XII, yaitu bung Mamberob Rumakiek yang pernah menjadi Ketum pengurus pusat GMKI, itulah yang menjadi harapan kita bersama,” sambungnya.

Lebih lanjut, pasca pelanlantikan ini, pengurus cabang yang lansung mengikuti pelatihan PDSPK, dapat memikirkan bagiaman memperkuat kaderisasi yang bukan hanya secara jumlah namun secara kualitas.

Ketua Umum GMKI Sahat M.P. Sinurat. (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

“Inilah implementasi pertama kali PDSPK di wilyah 12 Papua-Papua Barat yang dilakukan oleh koordinator wilyah (Korwil) bung Dominggus Jitmau. Dan ini adalah sejarah baru. Untuk itu,  kita harapkan badan pengurus cabang baru harus melakukan kegiatan pengkaderan, lakukan Pendalaman Alkitab, lakukan diskusi-diskusi dan sebagainya,” tutur dia

Baca Juga:  Ketahanan Keluarga Berperan Penting Cegah Konflik Rumah Tangga

Diungkapkan, melalui implemntasi PDSPK dapat mengantar dan membentuk pola pikir kader yang siap menunjukan kapasitas dirinya. Sehingga dapat berkembang tak hanya di tataran pengurus cabang dan pengurus pusat GMKI.

Namun, yang diharapkan kader GMKI di wilayah 12 ini dapat berkembang di semua tataran daerah maupun nasional. Dikatakan pula, kader GMKI harus siap di segala bidang, karenanya, peningkatkan kompetesinya sebagai daya saing.

Pantauan Papuabaratoke.com, beberapa pengurus pusat yang turut hadir diantaranya, ketua bidang pendidikan kader dan kerohanian, Yudi Simorangkir, ketua bidang aksi dan pelatihan, Marthin Siahaan, Broery Doro Pater Tjaja, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bob Humisar Simbolon, Sekretaris Fungsi Media Komunikasi dan Informasi, dan bung Dominggus Jitmau koordinator wilayah 12 Papua, Papua barat.

Editor: Kris Tanjung
Penulis : Clemens Mandacan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!