Portal Berita Papua Barat

KPAI : Kekerasan Terhadap Anak di Sorong Meningkat

0 10
Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas Perlindungan Anak

Sorong, Papuabaratoke.com – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menaruh perhatian yang cukup besar untuk Kabupaten dan Kota Sorong dalam hal perlindungan hak anak.

Kota Sorong juga ditetapkan masuk daftar Kota darurat Anak di Indonesia karena jumlah kasus kekerasan terhadap anak yang cukup tinggi.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait, menegaskan, kasus Kesya Mamansa menjadi contoh catatan kelam. Selain itu, banyak kasus kekerasan anak yang juga masuk catatan Komnas PA.

“Banyak kasus pembuangan bayi dan banyak pula anak yang melakukan aborsi. Ini sudah masuk dalam taraf yang memprihatinkan,” terangnya.

Semua kepala daerah se-Sorong Raya, diharapkan bertindak untuk menyelamatkan generasi anak-anak Papua dari kekerasan dan pelanggaran hak asasi anak.

Arist menyatakan hak anak Indonesia banyak yang masih terabaikan. Misalnya, anak tidak diminta pendapat soal memutuskan sebuah masalah terkait masa depannya.

Selain itu, anak sering menjadi objek kekerasan, baik secara jasmani maupun rohani.  Angka kekerasan anak pun terus meningkat dari tahun ke tahun

Ia mengusulkan untuk menggelar Kongres Anak Papua, dengan maksud melibatkan anak Papua dalam menentukan masa depan Tanah Papua. (KEY/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!