Portal Berita Papua Barat

Nilai Oknum Jaksa Main Mata, Ratusan Kader HMI Serbu Kantor Kejari Sorong

0 81
HMI Serbu Kantor Kejari Sorong
HMI Serbu Kantor Kejari Sorong – Ratusan mahasiawa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Sorong, Papua Barat, menyerbu kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Senin (12/3/2018). (Foto: Sumarni/PBOKe)
Sorong, Papuabaratoke.com – HMI Serbu Kantor Kejari.  Ratusan mahasiawa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Sorong, Papua Barat, menyerbu kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Senin (12/3/2018).

Pantauan langsung Papuabaratoke.com, ratusan kader HMI yang menggelar aksi di kantor Kejari Sorong ini, dimulai sejak pagi hingga bertahan siang hari. Hal ini lantaran ingin menemui langsung Kepala Kejari setempat.

Namun mereka hanya tertahan di pintu masuk gerbang kantor Kejari lantaran dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

Abdin Kiwo salah sati kader HMI Cabang Sorong mengatakan, aksi ini didasari adanya dugaan pemberlakuan hukum yang tak adil oleh oknum Jaksa di Kejari Sorong.

“Saya sampaikan salah satu tuntunan dalam aksi ini, karena ada yang tidak beres. Yaitu terkait putusan tentang kasus miras Monang Sitorus 12,7 ton, hanya dituntut 8 bulan dan akhirnya divonis 5 bulan. Sedangan ada teman kita cuma miras 2 gen dituntut 1,2 tahun dan divonis 1 tahun. Padahal kedua kasus ini menggunakan pasal yang sama yaitu undang-undang pangan,” tuturnya.

“Jadi sebenaranya ini ada apa? 12,7 ton dibandingkan 2 gen. Dan tuntutannya sama-sama menggunakan UU Pangan. Tapi hukum 2 gen lebih berat ketimbang 12,7 ton,” ungkapya lagi.

Karena itu, pihaknya menilai penerapan hukum oleh kejakasan sangat menodai keadilan. Untuk itu, kata dia, ratuasn HMI akan kembali mendatangi Kejaksaan lantaran belum berhasil bertemu langsung Kepala Kejari.

Sebelumnya 3 orang HMI mewakili yang lain diijinkan masuk ke dalam kantor Kejari Sorong di lantai 2, namun Kepala Kejari tak berada di tempat dengan berdali tengah tugas luar daerah.

Penulis : Sumarni
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com