Portal Berita Papua Barat

Penganggaran Program Dana Desa Belum Optimal

0 60

- Advertisement -

Dana Desa Belum Optimal
Dana Desa Belum Optimal – Marsel steven soselisa. Sebagai pendamping dana desa kampung maudus.
Sorong, Papuabaratoke.com – Dana Desa Belum Optimal.  Program prioritas yang dibiayai melalui Dana Desa (DD), seperti Embung Desa, Bumdes, Sarana olahraga, dan pembangunan infranstruktur adalah paradigma baru pengelolaan DD. Ini sesuai dengan amanat Permendes 2018.

Guna mengoptimalkan pengelolaan DD, setiap kampung perlu memiliki tenaga pendamping. Pendampingan yang dilakukan juga bertujuan mencegah terjadinya penyelewenangan.

“Dana desa dikucurkan setiap tahun senilai satu miliar rupiah, maka perlu ada pendampingan secara teknis dalam pengelolaannya. Pendampingan ini bisa dari PLD (pendamping lokal desa) maupun PD (pengawal desa),” kata tenaga pendamping di Distrik Maudus, Kabupaten Sorong Marsel Steven Soselisa, Jumat (9/3/2018).

Pengalaman melakukan pendampingan membuat Marsel mengerti tentang kondisi ril di Kampung/Desa – dimana, pengelolaan dana desa sering keluar dari perencanaan dan tidak memenuhi harapan masyarakat.

“Pemahaman masyarakat dan terlebih kepala kampung masih terbatas, ini butuh pendampingan agar dana yang digulirkan bisa maksimal,” ujar dia seraya mengatakan proses penggangaran program dan teknis pelaksanaan hingga penghitungan dana sering menimbulkan soal.

Dana Desa Belum Optimal
Dana Desa Belum Optimal – Marsel steven soselisa, sebagai pendamping dana desa kampung maudus.

Persoalan, lanjut Marsel, meluas pada saat pengelolaan dana desa yang perlu memperhatikan Permendes 2018, yang mengamanatkan sekira 200 program yang bisa dibiayai dengan DD.

“Program tersebut harusnya bisa menjadi harapan masyarakat di kampung, maka perlu kesepakatan yang diambil secara musyawarah sehingga pelaksanaan pembangun bisa tertata baik,” tuturnya.

Marsel melaksanakan tugas sebagai pendamping dana desa meliputi 9 kampung, yakni Kamuyur, Klage, Klatim, Klaka, Lewulala, Suluh, Safdesa, Klaos, dan Bousui.

Penulis : Sumarni
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!