Portal Berita Papua Barat

Realisasi Pembangunan Terminal Tipe B Sorong Selatan Tanggung Jawab Pemerintah Provinsi

0 47
Pembangunan Terminal Tipe B Sorong Selatan
Pembangunan Terminal Tipe B Sorong Selatan – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan Mesak F.Kokorule. (Foto: Sumarni/PBOKe)
Sorong, Papuabaratoke.com – Pembangunan Terminal Tipe B Sorong Selatan.  Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan Mesak F.Kokorule menerangkan, pemkab telah menyediakan lokasi untuk pembangunan terminal Tipe B.

Kendati demikian, realiasi pembangunan terminal yang sangat dibutuhkan di daerah ini menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan di tingkat provinsi (Papua Barat).

“Kita mengharapkan pembangunan tersebut bisa direalisasikan tahun ini. Sesuai Undang Undang nomor 22 tahun 2009, pembangunan terminal Tipe B, kewenangan sepenuhnya ada di Provinsi,” jelas Kokorule di sela kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Dinas Perhubungan se-Provinsi Papua Barat, Kamis (5/4/2018).

Di sisi lain, Kokorule mengungkapkan, di bidang perhubungan laut, pihaknya mengusulkan peningkatakan Pelabuhan Wersimar. “Pelabuhan ini sudah hampir 19 tahun baru berfungsi setelah adanya program Tol Laut,” ujarnya.

Kendati demikian, Kokorule mengatakan, operasional pelabuhan belum berjalan maksimal karena fasilitas penunjang masih sangat minim.

“Jangan dulu bangun yang lain, yang ada dulu diselesaikan sehingga tidak terkesan daerah ini banyak pelabuhan tetapi tidak ada kapal yang masuk,” tandasnya.

Menurutnya, program Tol Laut merupakan suatu terobosan yang luar biasa. Dimana, masyarakat Sorong Selatan bisa tersentuh langsung dengan pelayanan.

“Pelayanan sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, untuk saat ini kapal Sabuk Nusantara sudah masuk. Ke depannya kita harapkan kapal dengan bobot yang lebih besar bisa masuk ke kabupaten ini,” ucap Kokorule.

Ditambahkan, pengembagan dari perhubungan udara secara profesional sudah ditangani dengan baik, termasuk perhubungan darat.

“Koordinasi antara kabupaten dan provinsi penting. Kita harapkan armada yang beroperasi tertib, tidak ada angkutan liar. Tidak menutup kemungkinan kedepannya taxi online akan bisa beroperasi. Jika tidak ada koordinasi ini akan merepotkan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Dua SMA di Sorong Laksanakan Ujian Secara Bersama
Penulis : Sumarni
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!