Portal Berita Papua Barat

Singkirkan Kapal Asing, Susi Pudjiastuti Ajak Masyarakat dan Pemda Jaga Keseimbangan Laut

0 93
Singkirkan Kapal Asing
Singkirkan Kapal Asing – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat mengungjungi Kapal Ranbow Warior Green Peace, di Pelabuhan Laut Kota Sorong, Sabtu (17/3/2018).(Foto: Sumarni/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Singkirkan Kapal Asing.  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat dan pemerintah daerah (Pemda) di Papua Barat menjaga keseimbangan laut.

Hal ini diungkapkan Menteri Susi yang bersama rombongan mendarat di bandara Domine Edwar Osok Kota Sorong menggunakan Pesawat Garuda Air sekitar pukul 06.30 WIT, Sabtu (17/3/2018). Dan langsung menuju Pelabuhan Perikanan Sorong dan disambut dengan tari-rarian Budaya Papua.

Selepas itu, ia pun melanjutkan perjalanan dengan mengungjungi Kapal Rainbow Warior Green Peace.

Diakui Susi, bahwa perairan Indonesia Timur kaya dengan ragam terumbu karangnya yang menjadi modal bangsa. Dan ia berharap apa yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan 3 tahun terakhir dapat terur dijaga dan berlangsung.

Dimana berhasil menghentikan operasinya kapal-kapal nelayan asing dan alat tangkap trol (Jaring harimau) dan juga penindakan terhadap penangkapan ikan dilaut Indonesia yang terus dilakukan saat ini juga harus dilakukan oleh pemerintah daerah Provinsi Papua Barat.

“Pemda kabupaten/kota di Papua Barat, dan masyarakat adalah yang paling bertanggungjawab menjaga keutuhan dan kekayaan laut di (Papua Barat, red) sini. Gunakan semua kekuatan atau perangkat yang ada,” ucap Susi.

“Jangan sampai kapal-kapal trol yang pernah saya hentikan kembali beroperasi di laut Papua. Jika ini terjadi lagi, akan mengancam masa depan bangsa khususnya perairan di Papua,” sambung dia.

Untuk itu, Susi menekankan pada Pemda setempat, agar menjaga komitmen yang telah dibangun pemerintah pusat melalui kementerian kelautan dan perikanan menjaga kekayaan laut Indonesia.

“Jangan biarkan kapal-kapal besar merusak terumbuh karang yang ada di dasar laut. Kami (Kementerian Kelautan dan Perikanan, red) sudah berupaya hentikan kapal-kapal itu, maka kita harus menjaga dan tidak boleh membiarkan terjadi lagi,” pesannya.

Baca Juga:  ‘Papua Juga Punya Pahlawan’ Hiasi HUT RI Di Manokwari
Singkirkan Kapal Asing
Singkirkan Kapal Asing – Menteri Susi Pudjiastuti bersama rombongan disambut dengan tari-rarian Budaya Papua, di Pelabuhan Perikanan Kota Sorong, Sabtu (17/3/2018). (Foto: Sumarni/PBOKe)

Dianjurkannya, masyarkat dan nelayan harus menjaga keseimbangan laut dengan menggunakan alat tangkap dan cara-cara tradisonal yang ramah lingkungan.

“Harapan saya jika temukan oknum-oknum yang mengunakan bom ikan, laporkan agar polisi tindak dan ditangkap. Masyarakat Papua tidak boleh diam dan membiarkan laut kita dirusak oleh orang apa lagi asing,” pungkas Susi.

Penulis : Sumarni
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!