Portal Berita Papua Barat

Hangatnya Akwey Hanya Ada di Swiss-Belhotel Manokwari

0 13
Assistant Food and Beferage Manager, Ahmad Budianta

Manokwari, Papuabaratoke.com – Swiss-Belhotel Manokwari melirik bahan baku lokal sebagai minuman khas Kayu Akwey. Hal ini dilakukan agar ciri khas Manokwari yang kaya akan sumber daya alam tetap melekat. Bahan baku lokal sebagai minuman khas Kayu Akwey, berasal dari Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari.

Assistant Food and Beferage Manager, Ahmad Budianta, menjelaskan Kayu Akwey dikenal sebagai obat herbal yang menurut kepercayaan Suku Arfak, bermanfaat untuk kaum lelaki. Sebenarnya, manfaat kayu ini juga baik untuk kaum perempuan serta beberapa jenis masalah kesehatan pada umumnya.

“Kayu Akwey berkhasiat meningkatkan kejantanan pria, meningkatkan kesuburan pria, mengatur kehamilan, dan menjaga stamina tubuh,” ujarnya Rabu (9 Agustus 2017).

 

Menurut dia, hadirnya minuman berkhasiat ini juga bertujuan untuk mengangkat kearifan bahan baku lokal, Kayu Akway yang hanya dijumpai di Pegunungan Arfak. Kayu Akwey dikombinasikan dengan jahe gajah, madu dan gula merah. Minuman ini berkhasiat menghangatkan tubuh dan nikmat diminum saat cuaca dingin.

“Kini masyarakat tidak perlu repot membuat minuman dari Kayu Akwey sebagai obat herbal, karena kita sudah sediakan yang dapat dinikmati kapan saja,” beber Ahmad.

Untuk menikmati secangkir Akwey Sensation, cukup membayar dengan harga yang terjangkau, Rp.22 Ribu. Ternyata, ada khaisat lain dari kayu ini. Masyarakat Arfak memanfaatkan kulit batang kayu Akway untuk mengobati beragam penyakit seperti bronkhitis, tuberkulosis, demam malaria, pneumonia, diare, dan asma.

Kayu Akwey memiliki beberapa kandungan diantaranya, tannin, flavonoid, saoponin,sterol, alkaloid, tanian,  serta beberapa jenis kandungan lain. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!