Portal Berita Papua Barat

Menteri PPPA Dorong OAP Tekuni Bidang Kuliner

0 17
Menteri PPPA Dorong OAP Tekuni Bidang Kuliner
Menteri PPPA Dorong OAP Tekuni Bidang Kuliner – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Susana Yembise. (Photo: ILO/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comMenteri PPPA Dorong OAP Tekuni Bidang Kuliner. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Susana Yembise mengatakan, kemampuan mama-mama Papua mengolah pangan berbahan dasar lokal tidak diragukan lagi.

Kata menteri, kemampuan itu harus ditunjang dengan ketrampilan yang memadai agar bisa menekuni bidang kuliner. Dengan demikian, peluang usaha tersebut juga bisa diisi oleh Orang Asli Papua (OAP).

“Mimpi saya suatu saat kembali harus ada warung-warung dan restoran yang dimiliki mama Papua. Instansi terkait segera melihat potensi ini dan menyusun program yang tepat sasaran untuk mendorong peluang usaha ini bagi orang asli Papua,” kata menteri ketika menutup demo masak berbasis pangan lokal dan pameran kerajinan tangan di aula PKK Provinsi Papua Barat, Senin (2/9/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani menyambut baik usulan yang dikemukakan Menteri PPPA. Ia mengatakan, talenta yang dimiliki mama-mama Papua mengolah pangan berbahan lokal patut dikembangkan.

Menteri PPPA Dorong OAP Tekuni Bidang Kuliner
Menteri Yohana Yembise ketima menyerahkan piala bergilir PKK Provinsi Papua Barat pada lomba masak berbahan pangan lokal tingkat Provinsi dan diterima oleh Ketua Kelompok PKK Kabupaten Pegunungan Arfak, Selviana Kawer. Kelompok PKK Kabupaten Pegunungan Arfak berhasil menyabut juara utama lomba masak. (Photo : ILO/PBOke)

“Tahun 2018, pemerintah akan tunjukan keseriusan. Bukan hanya warung makan atau restoran tetapi juga harus difasilitas sehingga kita akan dorong ke depan agar keinginan ini bisa terealisasi,” pungkasnya.
Peluang usaha kuliner dengan bahan pangan lokal, lanjut wagub, cukup potensial. Sebab pangan lokal juga menjadi sumber pemenuhan gizi bagi masyarakat di daerah.

Baca Juga:  Tahun Ini, Unipa Manokwari DO 400 Mahasiswa

“Yang terpenting adalah memaknai betapa pentingnya pangan lokal sebagai pemenuhan gizi untuk membangun kecerdasan generasi Papua Barat,” ujar ketua PKK Provinsi Papua barat, Yuliana Mandacan.
Dalam kesempatan itu, Menteri Yohana menyerahkan piala bergilir lomba memasak berbasis pangan lokal kepada tim yang berhasil menyabet juara.

“Ini adalah piala bergilir. Lomba ini akan digelar setiap tahun,” ujar menteri. Adapun juara satu direbut Kelompok PPK Kabupaten Pegunungan Arfak dengan nomor undian 5, disusul Kelompol PKK Kabupaten Teluk Wondama di posisi kedua, dan disusul kelompok PKK Kabupaten pegunungan Arfak dengan nomor undian 6. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!