Portal Berita Papua Barat

Pencarian Dua Warga Yambe Kiri Nihil, Basarnas Hentikan Pencarian Hari Ini

0 116
Basarnas Hentikan Pencarian Hari Ini
Basarnas Hentikan Pencarian Hari Ini – Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari, sesaat melakukan pencarian dua orang warga kampung Yambe Kiri Distrik Rumberpon yang diketahui hilang di perairan Rumberpon Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, sejak Minggu (11/2/2018) lalu. (Foto: Ist)

Manokwari, Papubaratoke.com – Basarnas Hentikan Pencarian Hari Ini.  Tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari, akan menghentikan pencarian terhadap dua orang warga kampung Yambe Kiri Distrik Rumberpon, hari ini, Minggu (18/2/2018).

Keduanya adalah bapak dan anak yaitu Maurens Mokiri (60) dan Moses Mokiri (30), yang diketahui hilang di perairan Rumberpon Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, Minggu (11/2/2018).

Hal ini dinyatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Manokwari, Ludiyanto, SE yang dikonfirmasi Papuabaratoke.com, Sabtu (17/2/2018) malam.

Dia menuturkan, berdasarkan SOP pencarian dilakukan 7 hari. Dan jika dihitung sejak pihaknya menerima laporan 3 hari pasca menghilangnya korban yakni, tim telah melakukan pencarian 4 hari.

“Artinya sudah genap 7 hari. Tapi sebetulnya pencarian tidak mutlak berhenti 7 hari. Tapi sepanjang 4 hari kita lakukan penyisiran pencarian secara spesifik di gugusan-gugusan pulau yang ada, hasilnya masih nihil,” ujarnya.

Dikemukan, dalam pencarian ini, pihaknya telah berupaya menggunakan pertimbangan-pertimbangan lain, dengan harapan menemukan korban atau pun perahu yang digunakan.

Tak hanya itu, kata Ludiyanto, pihaknya juga menganalisa bahwa perahu yang digunakan tenggelam dan ke dua korban mencoba menyelamatkan diri untuk mencapai daratan terdekat. Namun karena badai cukup kencang keduanya diperkirakan sulit mencapai pulau hingga kehabisan tenaga dan ikut tenggelam.

“Mungkin saat itu badai memang kencang, keduanya juga kecapean hingga tenaganya habis dan tenggelam. Makanya dengan analisa 3 sampai 4 mil, itu biasanya korban masih berada di pesisir-pesisir pantai, karena pengaruh arus pasang surut,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya meyakini korban tak akan sampai pada arus lepas. Berdasarkan analisa demikian tim kembali berupaya melakukan pencarian dengan menyusuri pesisir pantai Rumberpon. Namun upaya maksimal yang dilakukan masih tak membuahkan hasil atau nihil.

Baca Juga:  Dua Warga Kampung Yambe Kiri Hilang di Perairan Rumberpon Mansel

“Kita sudah upayakan, dengan memanfaatkna maksimal cela-cela kemungkinan harapan ditemukan tapi masih nihil juga. Dan ombak memamg cukup kencang, tim juga memikirkan keselamatan,” ucap dia.

Tak hanya itu, Ludiyanto menuturkan, dari sisi efektifitas pencarian, potensi untuk menemukan korban sangat kecil. Dan pihaknya juga berharap korban terdampar di pulau-pulau atau di pesisir yang tak berpenghuni, mengingat di perairan ini populasi masyarakat masih sedikit.

“Nah cela-cela dan kemungkinan-kemungkinan ini, sudah kita maksimalkan semua, tapi belum juga ditemukan. Jadi sesuai SOP kita sudah lakukan, hari (Minggu, 18/2/2018, red) ini kami hentikan pencarian,” terangnya.

“Tapi hari terakhir ini, saya perintahkan tim, mulai dari tempat poskonnya di Ransiki sampai di Manokwari sini, untuk menyebar informasi ke para penduduk dengan harapan ada penduduk yang menemukan meski di kemudian hari,” pungkasnya.

Basarnas Hentikan Pencarian Hari Ini
Basarnas Hentikan Pencarian Hari Ini – Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari, sesaat akan memulai pencarian dua orang warga kampung Yambe Kiri Distrik Rumberpon yang diketahui hilang di perairan Rumberpon Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, sejak Minggu (11/2/2018) lalu. (Foto: Ist)

Diberitakan sebelumnya, Maurens Mokiri dan Moses Mokiri, dinyatakan hilang diperairan Rumberpon sejak Minggu lalu. Keduanya dari pelabuhan Momi Waren akan menuju kampung Yambe Kiri Distrik Rumberpon Mansel menggunakan Speed Boat warna putih lis biru.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari, menurunkan tim rescue 8 orang yang dilengkapi 2 unit perahu karet dan 2 unit Mopel.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com