Portal Berita Papua Barat

13,8 Miliar APBN Terserap untuk Pembangunan Sentra Industri Perikanan Manokwari

0 48

- Advertisement -

Pembangunan Sentra Industri Perikanan Manokwari
Pembangunan Sentra Industri Perikanan Manokwari – Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Manokwari, Supomo. Supomo menyebutkan Sentra Industri Perikanan dibangun untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan produk olahan berbahan baku ikan. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pembangunan Sentra Industri Perikanan Manokwari.  Pembangunan fisik sentra industri perikanan di Kelurahan Andai, Distrik Manokwari Selatan telah mencapai 100 persen.

tersebut terdiri dari bangunan laboratorium dan tempat pengolahan produk serta beberapa sarana dan prasarana lainnya. Kehadiran sentra industri ini diharapkan mampu memaksimalkan dan mengoptimalkan produk perikanan di daerah ini.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Manokwari Supomo mengatakan anggaran pembangunan sentra industri tersebut digelontorkan melalui dua tahun anggaran. Yakni Tahun Anggaran 2017 dan 2018.

“Tahun anggaran 2017 dana yang digelontorkan melalui kementerian terkait sebesar Rp10,8 miliar. Tahun Anggaran 2017 senilai Rp3 miliar. Kalau mau lengkap sekali, anggaran yang kita butuhkan lebih banyak lagi. Tanggungjawab pemda adalah menyiapkan lahan. Anggarannya murni dari APBN,” kata Supomo, Rabu (6/3/2018).

Sentra industri perikanan ini hadir untuk menjawab kebutuhan para pelaku industri kecil menegah (IKM) khususnya yang bergerak di sektor perikanan. Dengan demikian, dapat dihasilkan produk olahan unggulan sektor perikanan.

“Saat ini tinggal melengkapi beberapa sarana dan prasarana penunjang saja sehingga sudah bisa dioperasikan. Kita harapkan tahun ini sudah selesai semua,” ujarnya.

Kualitas produk olahan perikanan di daerah ini, menurut Supomo sudah cukup bagus. Hanya saja pengemasannya yang masih kurang menarik. Perlu ada sentuhan-sentuhan teknologi sehingga terlihat lebih menarik.

“Ini harus didukung, sentra industri ini solusinya. Di sini, para pelaku IKM bisa memproduksi berbagai produk yang menggunakan bahan baku ikan. Pontensi perikanan di Manokwari potensial untuk dikembangkan,” ujar Supomo menambahkan.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!