Portal Berita Papua Barat

200 Penari Siap Tampil Saat Upacara HUT RI Di Manokwari

0 26

Manokwari, Papuabaratoke.comDetik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Manokwari, akan digelar di Lapangan Borarsi. Lokasi ini menjadi tempat pelaksanaan upacara seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum upacara bendera digelar, akan ada pertunjukan singkat Drama Kolosal dengan 3 item, yakni Sosio Drama, pembacaan puisi dan tarian kolosal. Kasdim Kodim 1703 Manokwari, Mayor Inf. Budi Hercayono, menjabarkan Sosio Drama menceritakan sosok 4 pahlawan nasional asal Papua, yakni Marthen Indey, Frans Kaisepo, Silas Papare dan Abraham Dimara.

Sementara, pembacaan puisi oleh personil FKPPI, berisi ajakan generasi muda untuk mengingat jasa perjuangan pahlawan. Untuk tarian kolosal, akan melibatkan 200 penari asal berbagai sekolah di Manokwari.
“Topiknya nanti adalah pahlawan. Tarian kolosal dibawakan 200 penari yang berasal dari gabungan pelajar dan Sanggar Tari Papua Putera Bangsawan di Sowi 4,” jelasnya, Rabu (16 Agustus 2017).

Baca Juga:  Taptu, Tradisi Sambut Kemerdekaan Yang Sederhana Nan Meriah

Penari, lanjut dia, berasal dari SMA Villanova, SMK Negeri 2, SMA Negeri 2 serta SMA Imanuel Pasir Putih. Mereka digenjot selam duapekan terakhir, oleh istruktur tari Yanti dan Rolis.
“Persiapan sudah 98 persen. Besok mereka akan tampil dan mudah-mudahan maksimal tanpa hambatan,” terangnya.
Ditambahkan, peringatan Detik-detik Proklamasi akan digelar tepat pukul 10.00 WIT. Sebelum upacara, lebih dulu ditampilkan Sosio Drama selama 30 menit.

Diharapkan generasi muda, terutama putera dan puteri asli Papua, terinspirasi dengan sikap dan contoh perilaku pejuang yang berkorban demi Nusa dan Bangsa. (THIAS/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!