Portal Berita Papua Barat

2018, Petugas Kebersihan Akan Digaji Sesuai UMP

0 6
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manokwari, Fredy Rusamassu

Manokwari,Papuabaratoke.com – di tahun 2018 mendatang, petugas kebersihan sampah di Manokwari akan digaji sesuai standar Upah Minimum Provinsi (UMP) Papua Barat.Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manokwari, Fredy Rusamassu, kepada Papuabaratoke.com, Rabu (13/12/2017) siang.

Dikatakan, pemberian upah yang layak kepada petugas sampah merupakan komitmen Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan. Yakni dengan menyetujui anggaran pengelolaan sampah tahun 2018, sebesar Rp 15 miliar.

“2018, semua gaji petugas sampah kita (Pemda, red) akan naikkan sesuai standar UMP Papua Barat, ” ujar Fredy.

Lebih jauh dijelaskannya, anggaran tersebut, juga akan dialokasikan pengadaan beberapa barang. Diantaranya, truk pengangkut sampah dan pengadaan alat pelindung diri (APD).

“Petugas tiap triwulan harus ganti masker dan sarung tangan dan kita akan cari masker dan sarung yang bisa tahan hingga tiga bulan,” ucapnya.

Diakuinya, saat ini petugas sampah masih digaji sekira Rp 1,5 juta. Dikarenakan hal tersebut masih mengikuti anggaran dan program kerja dari dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Petugas sampah harus difasilitasi lebih utama, agar tidak ada keluhan. Dan kita himbau masyarakat, untuk membuang sampah pada tempatnya, dengan memakmsimalkan beberapa bak penampung sampah yang¬† disediakan di beberapa titik,” tutup Fredy.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Clemens Mandacan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!