Portal Berita Papua Barat

30 Komunitas Masyarakat, Berhasil Bebaskan Pulau Lemon Dari Sampah

0 191
Pulau Lemon
Bebaskan Pulau Lemon Dari Sampah – Sebanyak 500 kantong sampah plastik yang berhasil dikumpul oleh komunitas masyarakat peduli lingkungan, dari pulau lemon Manokwari, Sabtu (24/2/2018) kemarin.(Foto: Istimewa)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Bebaskan Pulau Lemon Dari Sampah.  Sebanyak 30 komunitas masyarakat berhasil bebaskan pulau lemon dari sampah. Pasalnya, jumlah sampah plastik yang berhasil dikumpul yakni mencapai 500 kantong sampah.

Aksi yang melibatkan sekitar 30 komunitas ini, terdiri dari komunitas Anak Air Manokwari (KAAM) Provinsi Papua Barat, Komunitas Molo Manokwari, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Papua Barat, TNI, Polri, Pemerintah daerah, instansi terkait, stakeholder dan masyarakat peduli lingkungan lainnya yang ada di Manokwari.

Pembersihan pulau lemon yang berlangsung pada pukul 08.00-14.00 WIT, Sabtu (24/2/2018) itu, berlangsung penuh antusias dan tertib. Aksi bersih pulau lemon dari sampah non organik ini selain mendukung Manokwari “Nol Sampah” juga dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Khususnya di Manokwari HPSN mengusung tema “ Bersama sayangi bumi bersihkan dari sampah”. Gerakan bersih sampah plasitk di pulau lemon yang diprakarsai KAAM ini, mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Humas KAAM Manokwri, Toto kepada PBOKe (Papuabaratoke.com) mengatakan, sejumlah komunitas yang ada di Manokwari berpartisipasi pada aksi tersebut dan berkomitmen mendukung gerakan bersih sampah di pulau lemon dan pesisir Teluk Sawaibu.

Lanjutnya, moment hari peduli sampah Nasional tahun 2018 pada puncak rangakaiannya di pulau lemon bertujuan selain membersihkan sampah juga memperkenalkan pulau lemon sebagai salah satu destinasi wisata lokal di Manokwari sekaligus mengedukasi masyarakat lebih mencintai dan menjaga lingkungan.

Turut hadir dalam aksi bersih pulau lemon itu diantaranya Kabinda Papua Barat, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Yan Anton Yoteni, staf ahli bidang politik kabupaten Manokwari, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manokwari.

“Aksi sehari yang dikonsep dalam wisata edukasi itu menjadi hiburan tersendiri bagi setiap orang yang terlibat kerja bhakti di pulon. Selain bersih sampah moment itu juga digunakan setiap orang yang datang ke pulau lemon untuk menikmati wisata kuliner warga setempat serta menikmati music akustik yang disuguhkan group music pulau lemon.

Baca Juga:  Lagi, Kapolri Tito Promosi 2 Perwira, Putra Asli Papua

Menurut Toto, keterlibatan peserta dari kota ada 304 orang ditambah masyarakat pulau lemon.

“Sebelum pulang kami pastikan tidak ada sampah yang tertinggal diPulau Lemon semua kami evakuasi ke Pantai BLK untuk selanjutnya diambil dan dikelola oleh teman-teman yang akan memproses menjadi bahan baku daur ulang,” tambah Toto.

Sementara Ketua KAAM Yan Agus Rumbewas (Inov) mengapresiasi semua pihak yang telah ikut memberikan dukungan penuh serta yang telah berpartisipasi dan berkomitmen memerangi sampah dalam mewujudkan Manokwari zero sampah.

Pulau Lemon
Bebaskan Pulau Lemon Dari Sampah – Sejumlah komunitas masyarakat peduli lingkungan, usai melakukan bersih-bersih sampah di pulau lemon Manokwari, Sabtu (24/2/2018) kemarin. (Foto: Istimewa)

“Aksi bersih-bersih pulmon tidak hanya berhenti Sabtu (24/2/2018) kemarin, tapi aksi ini akan terus belanjut dan berkesinambungan dengan melibatkan lebih banyak lagi pihak dalam gerakan kebersihan,” ungkap Inov.

500 kantong sampah yang dikumpul disatukan dan diangkut meggunakan perahu dan dimuat dari pulau lemon ke pantai BLK Manokwari.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com