Portal Berita Papua Barat

Akui Puskesmas Sanggeng Terbaik, Komisi IX DPR RI Harap Pemda Tambah Tenaga Medis

0 709
Puskesmas Sanggeng Terbaik
Puskesmas Sanggeng Terbaik – Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kuker) Anggota Komisi IX DPR RI, H. Samsul Bachri S, M.Sc, ditemui wartawan sesaat usai meninjau langsung fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama yaitu di Puskesmas Kota, Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (2/3/2018) pagi. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Puskesmas Sanggeng Terbaik.  Tim Komisi IX DPR RI mengakui bahwa Puskesma Kota, Sanggeng Manokwari adalah yang terbaik di daerah setempat.

Pengakuan ini dinyatakan langsung oleh Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kuker) Anggota Komisi IX DPR RI, H. Samsul Bachri S, M.Sc, sesaat usai meninjau langsung fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama yaitu di Puskesmas Kota, Sanggeng Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (2/3/2018).

Meski demkian kata dia, pemda Manokwari perlu meningkatkan lagi, baik melengkapi beberapa fasilitas pendukung dan memperhatikan penambahan tenaga dokter serta penataan pos-pos pelayanan yang lebuh teratur lagi.

Hal ini mengingat, lanjut Samsul, berdasarkan laporan yang diterimanya dari pihak Puskesmas, jumlah pasien yang dilayani setiap harinya mencapai 70 hingga 100 pasien.

“Kita akui ini adalah Puskesmas terbaik yang ada di Manokwari. Tapi yang perlu menjadi perhatian pemda, agar Puskesmas Sanggeng ini menjadi Faskes dalam kota yang mampu mghadirkan pelayanan yang lebih nyaman lagi bagi masyarakat,” tuturnya.

“Sekali lagi, kesan saya, pelayanan di Puskesmas (Sanggeng Manokwari, red) ini sudah cukup memadai. Yang penting sekarang bagaimana menambah tenaga dokter yang masih kurang, karena ini ada di pusat kota, apalagi di pedalaman-pedalaman,” ucapnya lagi.

Untuk itu, pihaknya di Komisi IX DPR RI berkomitmen terus mendorong pembenahan dan peningkatan pelayanan kesehatan di tingkat pertama sebagaimana misi dari promotif (Promosi) dan preventif (Pencegahan) yang harus dimulai dari Puskesmas.

Puskesmas Sanggeng Terbaik
Puskesmas Sanggeng Terbaik – Tim kunker Komisi IX DPR RI, membagi secara sombolis kartu BPJS Kesehatan kepada sujumlah masyarakat yang tercover JKN-KIS sebagaimana kerja sama Pemerintah Papua Barat dan BPJS Kesehatan. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

“Dokter-dokter dan petugas yang ada di Puskesmas harus bisa mengedukasi masyarakat sehingga berpola hidup sehat. Dan ini kami minta khusus kepada pemda agar secara keseluruhan tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat,” pinta dia.

Samsul pun mengatakan, akan memberikan perhatian yang serius kepada pemerintah Papua Barat dalam hal terwujudnya rumah sakit rujukan Provinsi Papua Barat yang pembangunannya terus berjalan hingga penggunaannya nanti.

Baca Juga:  Lupakan Perbedaan, Membangun Bangsa Lebih Penting

“Kami akan bersungguh-sungguh mewujudkan itu dan akan dibahas bersama kementerian kesehatan,” jelasnya.

Namun Samsul yang dimintai tanggpan ihwal adanya penilaian bahwa pemda baik di kabupaten setempat maupun provinsi Papua Barat kurang memperhatikan akan insentif tenaga-tenaga kesehatan seperti tenaga dokter.

Ia mengakui dan menyadari bahwa setiap daerah memilki tingkatan perbedaan dalam merespon persoalan kesehatan.

“Nah oleh karena itu, hal-hal yang kurang akan kita suport dengan APBN mealui DAK (Dana Alokasi Khusus) kesehatan. Dan juga perlu ada atensi dari pemda bagaimana peningkatan di bidang kesehatan,” jawabnya mengahiri.

Pantauan langsung Papuabaratoke.com, tim kunker Komisi IX DPR RI, sempat membagi secara sombolis kartu BPJS Kesehatan kepada sujumlah masyarakat yang tercover JKN-KIS sebagaimana kerja sama Pemerintah Papua Barat dan BPJS Kesehatan.

Puskesmas Sanggeng Terbaik
Puskesmas Sanggeng Terbaik – Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kuker) Anggota Komisi IX DPR RI, H. Samsul Bachri S, M.Sc (Tengah berjaket) saat meninjau langsung fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama yaitu di Puskesmas Kota, Sanggeng Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (2/3/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

Sebagaimana diberitakan Kunker Komisi IX DPR RI ini dalam rangka reses masa persidangan III Tahun Sidang 2017-2018 di Provinsi Papua Barat.

Dimana mengawali Kunkernya, Samsul bersama 12 anggota Komisi IX DPR RI lainnya, telah menggelar dialog bersama BKKBN Papua Barat, BPJS Kesehatan Manaokwari, BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Kesahatan Papua Barat, Dinas Ketenagakerjaan Papua Barat dan BPOM Papua Barat di gedung kantor gubernur dan didampingi langsung oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, Kamis (1/3/2018).

Dalam kunker ini, Syamsul Bachri bersama 12 anggota Komis IX DPR RI laninnya, yaitu, ada H.Elva Hartati, SIP., MM (PDIP), Normansah E. Tanjung, SE., M.Si (PDIP), Marinus Gea SE, MKn, (PDIP), Yayat Y, Biaro, (Golkar), DR. Ir Markus Nari, M.Si (Golkar), Robetyh Rouw (Gerindra), Dr. Verna G. Inkiriwang, Anita Jacoba Gah, SE, Dra. Hj. Siti Masrifah, MA (PKB), H. Ansory Siregar, Lc (PKS), H. Muhamad Iqbal, SE., M.Com (PPP) dan Ali Mahir (Nasdem).

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!