Portal Berita Papua Barat

Armada Tak Mendukung, Manokwari Hasilkan 663 Kubik Sampah per Hari

0 93
Armada Tak Mendukung
Armada Tak Mendukung – John Fonataba Kepala seksi strategi dan kebijakan persampahan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manokwari. (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Armada Tak Mendukung.  Kabupaten Manokwari menghasilkan 663 kubik sampah setiap harinya. Dan kondisi ini belum sepenuhnya didukung oleh armada pengangkut sampah.

Jumlah penumpukan sampah di Manokwari sebanyak 663 kubik per hari, adalah hasil hitungan sesuai masterplan kerja sama Universitas Negeri Papua (Unipa) Manokwari.

“Perhitungan ini diperoleh dari tiga distrik, yakni Manokwari Timur, Barat dan Distrik Manokwari Selatan,” ucap John Fonataba Kepala Seksi Strategi dan Kebijakan Persampahan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manokwari, saat ditemui di kantornya, Kamis (15/2/2018).

Kondisi ini kata dia semestinya didikung dengan armada pengangkut akibatnya dari hasil timbulan sampah 663 kubik per hari tersebut, hanya mampu mengangkut 20%.

“Truk yang ada saat ini sebanyak 14 unit, tapi yang aktif beroperasi hanya 7 unit. Karena truk yang lama sudah banyak yang rusak. Kendala kami juga, untuk truk baru karoserinya beda dengan truk lama sehingga tidak bisa angkut bak sampah (Amroll) yang lama atau pun yang baru,” terangnya.

Untuk mengatasi itu, lanjut John Fonataba, hanya ada dua pilihan. Yaitu perbanyak armada (truk) dan tenaga sopir beserta anak buah truk. Pasalnya, sesuai hasil perhitungan, maksimal dibutuhkan 32 armada (truk) pengangkut sampah.

“Kami telah programkan untuk pengadaan truk melalui aset daerah. Karena kita yang tentukan sesuai speknya sehingga truk tersebut bisa sesuai dengan amroll yang ada,” ucap dia.

Dalam waktu dekat kata dia lagi, pihaknya akan merekrut tenaga kerja yakni antara akhir Februari ataupun awal Maret.

“Kami sudah rekrut, jelasnya nanti ada pengumuman sesuai putusan bupati. Untuk supir 20 orang dan tenaga angkut sampah 40 orang, mekanik 3 orang dan operator 3 orang serta 60 orang tenaga penyapu jalan,” jelasnya.

Baca Juga:  Kapolda: Kegiatan Polri, TNI dan Pemerintah Harus Gandeng Media
Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com