Portal Berita Papua Barat

Balai POM Manokwari Sita Mie Instan Samyang Kimci U-Dong Positif Mengandung Unsur Babi

0 6

Manokwari, Papuabaratoke.com – Balai POM Manokwari menarik puluhan bungkus mie instan asal Korea yang mengandung unsur Babi. Hal ini dilakukan dari Supermaket dan Toko di Manokwari dan Kota Sorong.

Empat jenis mie instan asal Korea yang mengandung unsur babi adalah Nongshim mie instan (shim ramyum black), Ottogi mie instan (yuel ramen), Samyang U-Dong dan Samyang rasa kimchi.

“Setelah dilakukan sampling dan pengujian, positif  mengandung fragmen DNA Babi. Namun label bungkusan tidak tercantum peringatan mengandung unsur Babi,” jelas Kepala Balai POM Manokwari, Mudi Yunita B, Selasa (20 Juni 2017) saat menggelrar konfrensi pers.

Di Manokwari, ditemukan 43 bungkus Samyang mie instan rasa kimchi yang telah ditarik dari peredaran. Sementara di Kota Sorong ditemukan 20 bungkus Nongsin Mie Instan (Sin Ramyun Black) yang sudah ditarik pula.

Menurutnya, Balai POM juga memantau Kabupaten Fakfak yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Namun aman dari peredaran mie yang mengandung unsur babi. Selain itu, pantauan juga dikukan di Kabupaten Raja Ampat.

Tim Balai POM Manokwari lebih fokus di Kota Sorong, karena sebagai pintu masuk distribusi usaha pertokoan dan super market di Papua dan Papua Barat.

“Mie instan ini sebenarnya  bisa dikonsumsi oleh non Muslim, namun salahnya, tidak dicantumkan kode khusus kandungan Babi,” terangnya sembari memastikan Papua Barat aman dari peredaran mie yang mengandung unsur babi. (ARN/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!