Portal Berita Papua Barat

Belajar Penanganan Resiko Bencana, Papua Barat Diajak Ke Hawaii

0 20

Manokwari, Papuabaratoke.com – Rektor Unipa Maokwari, Dr.Ir. Jacob Manusaway, menegaskan persoalan bencana adalah persoalan dunia. Artinya, jika berbicara tentang bencana, sama artinya berbicara tentang dunia.

“Melihat sisi bencana dan membicarakannya, kita bicara untuk selamatkan Tanah Papua. Menyelamatkan juga orang Papua,” paparnya, Senin (7 Agustus 2017) saat penutupan Pelatihan Strategis Pengurangan Resiko Bencana dan Adaptasi Iklim. Ia mengaku Unipa bekerjasama dengan University of Hawaii Manoa, terkait peralatan canggih untuk mendeteksi gempa.

 

Kerjasama ini disepakati dalam bentuk penandatanganan MoU.
“Kami akan bertolak ek Hawaii bersama Kepala BPBD Papua Barat. Disana, kita melihat dan mempelajari teknologi canggih itu. Juga bisa melihat alat apa yang sesuai dengan kondisi di Papua Barat,” bebernya.
Ia berharap kunjungan ke Hawai ini juga akan melibatkan Gubernur Papua Barat, untuk melihat langsung peralatan yang dimaksud. Pasalnya, Papua Barat termasuk dalam daerah rawan bencana termasuk gempa.

Kegiatan ini diprakarsai Universitas Papua, Universitas Hawaii (UH), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Khairun (Unkhair). Dengan fokus pada keterampilan dan pengetahuan penting pengurangan risiko terhadap bencana. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!