Portal Berita Papua Barat

BLH Klaim Genangan Air Hujan di Badan Jalan Karena Drainase

0 85
BLH Klaim Genangan Air Hujan
BLH Klaim Genangan Air Hujan – Genangan Air hujan di depan Kantor Pos Manokwari, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa/ Johny Aninam)
Manokwari, Papuabaratoke.com – BLH Klaim Genangan Air Hujan.  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari mengklaim, luapan dan genangan air hujan yang kerap terjadi di badan jalan disebabkan drainase.

“Meluapnya air hujan menggenangi badan jalan di depan Kantor Pos Manokwari, bukan hanya faktor sampah saja, tapi sebenarnya drainasenya yang kurang bagus karena tertutup oleh material pasir bercampur tanah,” kata John Fonataba kepala seksi strategi dan kebijakan persampahan, BLH Kabupaten Manokwari, yang ditemui Papuabaratoke.com, Kamis (15/2/2018).

Dia menuturkan, beberapa tahun belakangan ini, di Kota Manokwari kerap terjadi luapan air hujan dari drainase yang menyebabkan badan jalan digenangi air, sehingga mengganggu pengguna jalan.

Sebagaimana yang terjadi di salah satu jalan di depan Kantor Pos Manokwari. Kata dia, di drainase tersebut ada saluran pembuangan air ke laut.

“Jadi kalo hujan air mengalir ikut drainase lansung menuju laut tapi karena tertutup akibatnya air hujan meluap menggenangi areal depan kantor pos, sama halnya juga dengan daerah wosi,” ucapnya.

Dikatakan, terkait hal ini, pihaknya telah membicarakan hal tersebut dengan dinas pekerjaan umum (PU) Manokwari untuk diperbaiki.

“Drainase itu harus dikontrol dan rutin diperiksa. Jika drainase sudah diperbaiki, saat hujan, harus diperiksa karena saat hujan pasti ada tumpukan material dan itu musti diangkut. Jika tidak diangkut drainase akan tersumbat sehingga air meluap ke badan jalan,” pungkasnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com