Portal Berita Papua Barat

BLH Manokwari Tempatkan 6 TPS di Dua Distrik

0 152
BLH Manokwari
BLH Manokwari – Kepala Seksi Strategi dan Kebijakan Persambahan BLH Kabupaten Manokwari, John Fonataba.(Foto: Clemens Mandacan/ PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – BLH Manokwari.  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari terus berupaya mengoptimalkan pengelolaan sampah di daerah ini. Keseriusan itu diwujudkan dengan membangun bak sampah – tempat amrol yang berfungsi sebagai pembuangan sementara (TPS) di Distrik Manokwari Timur dan Distrik Manokwari Barat, masing-masing tiga buah.

Kepala Seksi Startegi dan Kebijakan Persampahan John Fonataba membeberkan anggaran yang tersedot untuk pembangunan sejumlah TPS itu mencapai Rp60 juta. “Dana ini diambil dari pagu BLH senilai Rp15 miliar,” katanya, Kamis (15/2/2018).

Menurut Jon pembangunan bak sampah atau TPS ini tidak berjalan mulus begitu saja. Ada tantangan yang dihadapi, terutama yang timbul dari masyarakat di daerah penempatan TPS.
“Masyarakat larang bangun bak sampah, minta ganti rugi sampai sepuluh juta rupiah. Kami terkendala anggaran. Namun, kami terus pendekatan, bangun komunikasi baik dengan masyarakat sehingga pada Januari lalu, kami bisa bangun,” tuturnya.

Dikatakan, meski bak sampah atau TPS itu sudah dibangun, hingga kini masih saja ada masyarakat yang memrotes dengan menutup lantai bak tersebut dengan timbunan.
“Kami akan upayakan bangun komunikasi baik dengan masyarakat sehingga beberapa titik kami bisa bangun dan tetap kami maksimalkan yang sudah ada ini. Dengan adanya penambahan TPS bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ucap Jon berharap.

Ditambahkan, untuk mengatasi sampah khusus di Pantai Wisata Pasir Putih, telah disiapkan satu unit truk sampah – termasuk memberdayakan masyarakat sekitar.
”Kami juga akan melibatkan masyarakat sekitar untuk direkrut jadi petugas sapuh pantai. Tapi soal ini akan dibahas lagi karena yang berwewenang adalah Dinas Pariwisata,” pungkasnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!