Portal Berita Papua Barat

BPBD Manokwari Akan Memasang Rambu-Rambu Larangan di Pantai Amban

0 127
BPBD Manokwari
BPBD Manokwari – Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPDB Manokwari, Ronny Tamela.(Foto: Bertha Wambrau/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – BPBD Manokwari.  Pascatenggelamnya mahasiswi Alm. D.R Werfete di Pantai Amban, Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu (18/2) pukul 16.00 Wit, karena terseret ombak dan akhirnya meninggal dunia.

Insiden tenggelamnya korban mahasiswa Unipa, Manokwari, bukan saja baru terjadi namun sudah sering dalam setiap tahun. Hal itu terjadi dikarenakan lautnya sangat extreme.

Meksi pantai Amban menjadi destinasi pariwisata lokal dan non lokal, sehingga tak mengurangi datangnya pengunjung. Untuk menghindari adanya korban yang terus berjatuhan, maka Pemda Manokwari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Manokwari akan memasang rambu-rambu larangan di sepanjang pantai Amban, terutama di lokasi yang sering memakan korban.

Demikian disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPDB Manokwari, Ronny Tamela kepada Papuabaratoke.com, Senin (19/2). Dia mengatakan, rambu-rambu yang akan dipasang di pesisir pantai Amban sebagai peringatan kepada pengunjung untuk tidak berenang disana.

Selain pemasangan rambu-rambu peringatan dini kepada pengunjung, pihak BPBD akan melakukan pelatihan khusus kepada masyarakat sekitar agar melakukan pertolongan kepada pengunjung apabila mendapat musibah disana segera ditolong.

“Pertolongan pertama sangat penting sehingga bukan saja di lokasi kecelakaan laut, namun penyelamatan pertama di RSUD juga dibutuhkan,” katanya.

Dirinya menambahkan bahwa kampong siaga harus dibentuk di sekitar pantai Amban, namun karena kampong berjuan sehingga sangat disayangkan. Oleh sebab itu, seluruh pengunjung ke pantai Amban untuk tetap mengutamakan keselamatan dan khususnya muda mudi untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan harus tetap waspada.

Penulis : Berta Wambrauw
Editor : Hanas Warpur
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com