Portal Berita Papua Barat

Buka Rakornis Perencanaan, Wagub Lakotani Ingatkan Bappeda

0 107
Wagub Lakotani Ingatkan Bappeda
Wagub Lakotani Ingatkan Bappeda – Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani saat membuka rapat koordinasi teknis bidang perencanaan (Forum kepala Bappeda) se-Provinsi Papua Barat tahun 2018 di Ballroom New Aston, Manokwari, Rabu (4/4/2018). (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Wagub Lakotani Ingatkan Bappeda.  Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH.,M.Si mengingatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tiga hal terkait membangun Provinsi Papua Barat.

Pernyataan ini disampaikan Wagub Lakotani saat membuka rapat koordinasi teknis bidang perencanaan (Forum kepala Bappeda) se-Provinsi Papua Barat tahun 2018 di Ballroom New Aston, Manokwari, Rabu (4/4/2018)

Lakotani mengatakan, dokumen RPJMD Provinsi Papua Barat periode 2017-2022, telah ditetapkan untuk menjadi pedoman melaksanakan perencanaan pembangunan di daerah Papua Barat.

“Untuk itu saya harapkan Bappeda sebagai institusi perencanaan di daerah selalu konsitens terhadap semua dokumen perencanaan yang telah disusun secara berjenjang dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” ucapnya.

Ia mengaingatkan Bappeda sebagai institusi perencanaan harus dapat memastikan bahwa seluruh dokumen yang terkait dengan RPJMD telah tersusun antara lain Restra OPD.

Tak hanya itu, Lakotani mengingatkan Bappeda di kabupaten/kota juga harus dapat melakukan koordinasi secara baik dengan Provinsi guna sinergitas perencanaan pembangunan daerah di Papua Barat.

Lebih jauh dikatakannya, UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan UU Nomor 35 tahun 2008 tentang otonomi khusus di Provinsi Papua Barat merupakan instrumen yang memberi arah dan tujuan bagi Bappeda sebagai organisasi perencanaan untuk dapat melaksanakan tugas serta fungsinya yang tersirat.

“Bappeda sebagai sebuah komponen OPD yang mempunyai peran penting dan strategi pelaksanaan pembangunan daerah yang berbasis pada kekuatan data yang akurat dan benar dengan proses Boton up planing daripada perencanaan Top-Douwn sesuai dengan semangat demokrasi yang mendukung masyarakat sebagai sasaran pembangunan itu sendiri,” jelas dia.

Diharapkan, melalui Rakor ini dapat menentukan kematangan serta kemantapan sehingga memiliki nilai strategis, untuk itu harus dirumuskan satu rekomnedasi gembrakan serta program strategis sesuai dengan issu-issu krusial yang berkembang di daerah saat ini.

Baca Juga:  Antrian Kendaraan Di SPBU Kian Menjadi, Wagub Turun Tangan

Kegiatan rapat koordinasi teknis bidang perencananan tahun 2018 yang mengangkat tema “Memantapkan akses pemerataan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ini dihadiri semua kepada Bappeda kabupaten/kota se-Provinsi Papua Barat.

Dengan menghadirkan narasumber dari Badan Perencanaan Nasional RI, Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan, Drs Oktoriald, MA.,Ph.D, Plt Kepala Bappeda Papua Barat, Drs Nataniel D. Mandacan,M.Si dan Kasubdit PMIPD, Dit PEIPD, Ditjen Bina Pembngunan Daerah Kementrian Dalam Negeri, Bagus Agung Herbowo,ST.,MT.

Penulis : TIM PBOKe
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!