Portal Berita Papua Barat

Bupati Demas : Narapidana Pelajar Wajib Ikut Ujian Nasional di Lapas

0 55
Ujian Nasional di Lapas
Ujian Nasional di Lapas – Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Ujian Nasional di Lapas.  Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan menginstruksikan, para pelajar yang tengah menjalani hukuman pidana berstatu tengah menjadi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Manokwari agar tetap mengikuti Ujian Nasional (UN).

Demas mengatakan, siswa yang sedang menjalani proses hukum atau dalam tahanan memiliki hak yang sama dengan siswa lainnya.

“Mereka (Narapidana atau tahanan, red) wajib ikut UN. Kalau statusnya dalam tahanan mereka akan ikut UN di tahanan, dengan pendamping dari masing masing sekolah. Ini penting dan juga bagian pembinaan pendidikan bagi mereka,” ujarnya, Selasa (17/4/2018).

Sehingga diharapkan, kata Demas, UN tak hanya berlangsung di sekolah-sekolah formal namun juga diikuti para narapidana di Lapas.

“Saya sudah instruksi nanti Dinas Pendidikan kordinasi dengan pihak Lapas Manokwari, agar narapidana yang mengikuti UN paket C atau setara, baik setingkat SMP dan SMA yang terdiri dari laki-laki dan perempuan mereka ditempatkan di ruangan khusus untuk mengikuti UN nanti,” tuturnya.

Adapun dalam penerapan UN untuk paket C yang di Lapas, teknis pelaksanaannya sama dengan pelaksanaan UN di ke PKBM paket C lainnya. Dimana pengawasnya dari guru atau pun dari pendidik yang memenuhi syarat dari pamong belajar sendiri atau sesuai usulan dari Dinas Pendidikan.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!