Portal Berita Papua Barat

Bupati Mandacan Tekankan Pimpinan OPD Utamakan Program Prioritas

0 59
OPD Utamakan Program Prioritas
OPD Utamakan Program Prioritas – Kegiatan Forum OPD yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Manokwari melalui badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Manokwari, di gedung sasana karya kantor buapati Manokwari, Senin (5/3/2018). (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – OPD Utamakan Program Prioritas.  Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan menekankan kepada seluruh pimpinan OPD di lingkupnya, mengutamakan program prioritas.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan melalui wakil Bupati Edi Budoyo pada kegiatan forum OPD yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Manokwari melalui badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Manokwari, di gedung sasana karya kantor buapati Manokwari, Senin (5/3/2018).

Budoyo menuturkan, Forum OPD kabupaten Makokwari harus mampu mengsingkronkan serta mempertajam arah dari sasaran program kegiatan pembangunan pada tahun 2019.

Terangnya, Forum ini baru pertama kali dilaksankan di Kabupaten Manokwari, sehingga diharapakan bagi setiap peserta terutama pimpinan OPD benar-benar dapat merekam dan menyerap aspirasi masyarakat yang disampaikan pada saat musrembang tingkat distrik untuk memyempurnakan rancangan kerja OPD.

“Kami tidak akan mentolerir adanya program atau kegiatan yang diusulkan di luar agenda perencanaan yang tidak tertuang didalam musrembang tingkat distrik, di dalam forum OPD ini maupun nanti dalam musrembang kabupaten,” ujarnya.

Untuk itu kata dia, pimpinan OPD manfaatkan forum ini sebagai wahana mensinergikan setiap usulan baik dari masyarakat atau distrik, aspirasi DPRD maupun renja OPD untuk memperoleh rancangan program kegiatan yang komprehensif serta benar-benar menyentuh dan dibutuhkan masyarakat.

Budoyo juga menyampaikan, di tahun 2018 ini, pemda Manokwari telah menerapkan sistem perencanaan berbasis online melalui aplikasi E-planing bekerja sama dengan BPKP perwakilan Papua Barat.

“Pengimputan rencana kerja OPD kedalam sistem E-Planing tersebut akan dipandu Bapeda dan BPKP,” cetusnya.

“Sehingga saya tegaskan agar pimpinan OPD bersungguh-sungguh melaksanakan pengimputan rencana strategis dan rencana kerja OPD ke dalam sistem E-Planing dimaksud,” sambung dia.

Baca Juga:  Tatap Pileg 2019, DPC PDI-P Lantik 9 PAC

Lanjutnya, Proses pembangunan di kabupaten Manokwari telah dipantau oleh lembaga pengawas (KPK), oleh karena itu pelaksanaan program harus benar-benar sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Sekali lagi saya minta perhatian kita bersama, tidak ada lagi program atau kegiatan yang muncul tiba-tiba tanpa melalui proses perencanaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Yohan Albert Warijo, Kepala Bappeda Kabupaten Manokwari mengungkapkan Forum OPD terlaksana merujuk pada amanat Undang-undang.

“Peserta forum ini terdiri dari pimpinan OPD, pejabatan eselon III dan IV, DPRD dan perwakilan distrik dengan nara sumber Bappeda, DPR dan pimpinan OPD kabupaten Manokwari,” jelasnya

“Mekanisme, pemaparan rencana kerja pemda Manowari tahun 2019 oleh Bapeda, dilanjutlanjutkan dengan pemaparan kondisi keuangan tahun 2018 dan proyeksi keuangan tahun 2019 dan pemaparan pokok-pokok pikiran

DPRD. Dan hari kedua dan ketiga diskusi rencana kerja OPD setiap bidang yang dilanjutkan dengan rapat pleno penandatangann berita acara dan penutup,” tambahnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!