Portal Berita Papua Barat

Desyarmeda: Tahun Ini, Satker Penyediaan Perumahan Bangun 3 Rusun di Papua Barat

0 60
Satker Penyediaan Perumahan
Satker Penyediaan Perumahan – Kepala Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) di Provinsi Papua Barat, P. M Desyarmeda,ST. M,Si .(Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Satker Penyediaan Perumahan.   Kepala Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) di Provinsi Papua Barat, P.M Desyarmeda,ST.M,Si mengatakan bahwa pembangunan rumah susun (rusun) STT Erikson Trit di Sowi, Distrik Manokwari Selatan (Mansel), Kabupaten Manokwari sangat mepet karena hanya delapan bulan.

Untuk vondasi bangunan menggunakan tiang pancang. Jadi kontraktor sudah mengecek tiang pancang ke Surabaya dan segera didatangkan untuk dipasang. Desyarmeda mengatakan, pembangunan rusun itu akan dikontrol dan evaluasi ketika ada hambatan atau masalah harus diatasi, sehingga pembangunan tetap berjalan lancar.

Ditanya program perumahan lainnya, Desyarmeda mengutarakan, di Satker yang ia pimpin terdapat dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), yakni PPK untuk rumah khusus dan PPK rumah swadaya. Untuk pembangunan rumah swadaya dalam bentuk bahan bangunan rumah (BBR) dengan nilai anggaran Rp 15 juta untuk daerah perkotaan, sedangkan Rp 30 juta untuk daerah pedalaman.

“Jadi uang tidak langsung dikasih kepada penerima, tetapi kerjasama dengan pihak toko bangunan dan BBR langsung diserahkan kepada penerima untuk membangun rumah-nya. Namun uangnya melalui Bank yang kerjasama dengan Satker, dan pihak took yang mengambil tagian membayar ke Bank. Sebab tidak lagi uang dikasih secara langsung. Untuk daerah pegunungan yang dimaksud adalah kabupaten Pegaf, Tambrauw, dan Maybrat” kata Desyarmeda kepada Papuabaratoke.com, Selasa (10/4/2018) di ruang kerjanya.

Untuk tahun ini, kata Desyarmeda, pihaknya membangun tiga rumah susun yakni satu di STT Erikson Trit, Poltek Kelautan Sorong, dan rusun ASN di Tambrauw. Menurutnya, rusun yang akan dibangun tahun ini merupakan usulan tahun 2017 lalu dan terjawab untuk dibangun tahun 2018 ini.

Baca Juga:  Pertama Bangun Rusun Calon Pendeta, Ini Pengakuan Haji Harun

Sedangkan rumah khusus, jelas Desyarmeda, pihaknya membangun di satu hamparan sebanyak 250 unit dengan sebaran di kabupaten Fakfak, Kaimana, Teluk Bintuni, Manokwari dan Teluk Wondama.
“Rumah khusus ini diperuntuhkan kepada masyarakat berpengasilan rendah atau masyarakat terbatas. Namun kalau daerah perbatasan di Papua Barat target Satker penyediaan perumahan di Raja Ampat, tepat di Batanta dan Missol,” kata Desyarmeda.

Ia mengutarakan kalau rusun bukan saja untuk ASN atau masyarakat, tetapi bisa untuk TNI, Polri dan para Babinsa. Untuk pembangunan perumahan pada tahun ini meningkat dari tahun lalu, dimana sebaran paling banyak ada di Teluk Wondama dan Sorong Selatan.

Tambah Desyarmeda, ada usulan tambahan dari ketua yayasan STT Erikson Trit Hermus Indou agar dibangun rusun buat dosen tahun depan di STT Erikson Trit. Ditanya tentang ketersedian air di rusun yang dibangun Satker, lanjut Desyarmeda, sudah satu paket dengan fisik bangunan tersebut, termasuk listrik.

Penulis: Hanas Warpur
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!