Portal Berita Papua Barat

Dinilai Mengancam, Empat Pohon Tua Di Borarsi, Akhirnya Ditumbangkan

0 438
Pohon Tua Di Borarsi
Pohon Tua Di Borarsi – Sebanyak empat pohon besar tua di area lapangan Borarsi Manokwari, akhirnya ditumbangankan dengan cara ditebang oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga, Provinsi Papua Barat, Kamis (15/3/2018) siang.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pohon Tua Di Borarsi.  Sebanyak empat pohon besar tua di area lapangan Borarsi Manokwari, akhirnya ditumbangankan dengan cara ditebang.

Penebangan 4 buah pepohonan tersebut dinilai mengancam keselamatan pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor yang kerap melintas sekitar jalan lapangan Borarsi atau diJalan Jenderal Sudirman, Distrik Manokwari Timur tersebut.

Penebangan ini di lakukan oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga, Provinsi Papua Barat, Kamis (15/3/2018) siang.

Kepala Dinas I. G. D. Wiradana melalui Kabid Olahraga Septer Dimara, saat ditemui Papuabaratoke.com di lapangan Borarsi mengatakan, sebanyak 4 pohon jenis mahoni yang ditanam berjejer di pinggir lapangan, terancam mati akibat akar dan sebagian batang pohon yang kokoh menjulang tinggi sengaja dibakar oleh oknum tak bertanggung jawab.

Ia menuturkan, selain kerap mengancam keselamatan warga, saat dilakukan kegiatan olahraga di lapangan borarsi juga sangat membahayakan area lingkungan lapangan.

Baca Juga:  Awas! Sejumlah Pohon Besar di Lapangan Borarsi Mengancam Keselamatan

“Kondisi pohon ini sangat membahayakan warga yang melintas di dekat lapangan baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor. Bisa saja pohon tumbang karena akar dan sebagian batangnya sudah terbakar. Selain itu, kalau ada kegiatan olahraga di lapangan kerap juga membahayakan para penonton atau warga yang berdiri dibawah pohon, karena rantingnya sudah banyak rapuh,” jelas Dimara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kepemudaan dan Olahraga Papua Barat, I. G. D. Wiradana melalui Kabid Olahraga Septer Dimara, saat ditemui Papuabaratoke.com, di lapangan Borasi.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Adapun terkait penebangan keempat pepohonan di sepanjang areal lapangan Borarsi ini, diakui telah dilaporkan ke pihak instansi teknis terkait antara lain Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Provinsi Papua Barat Bidang penanggulangan bencana, dan pihak Keluarahan serta mengetahui penjabat distrik Manokwari Timur.

“Kita sudah kordinasi sebelum kami instansi teknis bidang olahraga melakukan penebangan. kami harap usai penebangan ini, akan ada reboisasi dan penanaman penghijauan kembali dari instansi terkait lainnya, agar lingkungan di sekitar areal lapangan olahraga borarsi tetap bersih, hijau serta asri,” tukasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!