Portal Berita Papua Barat

Disebut Mengancam Bangsa, Kominfo RI Ajak Media Massa di Papua Barat Perangi Hoax

0 14
Media Massa di Papua Barat Perangi Hoax
Media Massa di Papua Barat Perangi Hoax – Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI, Dr. Rosarita Niken Widiastuti saat membawakan materi dalam kegiatan temu blogger dan media, Jumat (6/4/2.18), di Niu Aston Hotel Manokwari.(Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Media Massa di Papua Barat Perangi Hoax. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) mengajak media massa cetak dan eletronik serta masyarakat di Provinsi Papua Barat untuk bersama-sama perangi berita bohong alias hoax yang beredar di media sosial atau sosmed.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Direktur) Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI, Dr. Rosarita Niken Widiastuti melalui kegiatan temu blogger dan media, Jumat sore, di Niu Aston Hotel Manokwari.

Menurut Widiastuti bahwa saat ini hoax sangat meresahkan masyarakat Indonesia, bahkan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Pasalnya penyebaran informasi yang tidak mendidik melainkan menyampaikan informasi yang sangat memprovokasi ini telah masuk pada sendi-sendi kehidupan, baik sosial, budaya, agama maupum politik.

“Semua informasi yang disampaikan oknum tidak bertanggungjawab adalah negative dan mengancam perpecahan bingkai bhineka tunggal ika pada tataran kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Untuk itu, ia mengajak memerangi berita bohong melalui medsos dan mengajak masyarakat untuk bijak ketika menggunakan medsos.

Di sisi lain kata dia, perlunya melihat dan menganalisa setiap informasi yang beredar melalui medsos, apakah berita tersebut sumbernya jelas atau tidak.

Selain itu, disebutkan bahwa Kominfo sampai sekarang ini tak mampu mengatasi tentang hoax di medsos, maka cara yang dilakukan Kominfo adalah melakukan pendekatan kepada masyarakat, lembaga pendidikan, tokoh agama, LSM dan kerjasama media yang legalitasnya jelas dan bertanggung jawab untuk sosialiasi.

Pantauan Papuabaratoke pada Jumat sore, hadir pada kegiatan temu blogger dan media yang dilaksanakan Kominfo RI, yakni Dirjen Kominfo, Staf Ahli Kantor Presiden Agustinus Eko Rahardjo, Staf Ahli Kantor Staf Presiden Alios Wisnuhardana.

Penulis: Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!