Portal Berita Papua Barat

Drainase Asal Jadi, Air Meluap di Badan Jalan

6
Drainase Asal Jadi, Air Meluap di Badan Jalan
Drainase Asal Jadi – Luapan Air dari drainase di jalan Merdeka Kota Manokwari, usai diguyur hujan. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Drainase Asal Jadi.  Pengerjaan drainase yang asal jadi alias asal-asalan mengakibatkan air meluap ke badan jalan. Seperti yang terpantau di salah satu titik di kawasan jalan Merdeka, tepatnya di sepanjang jalan depan Toko Orchid hingga di Indoprima, Kota Manokwari.

Pantauan media ini, Papuabaratoke.com, Selasa (09/01/2018) sekitar pukul 08.15 WIT, usai hujan mengguyur sebagian Kota Manokwari, sekitar 1 jam lamanya. Air dari drainase meluap dan tergenang hingga badan jalan.

Di sisi lain, juga terlihat drainase di sekitarnya, tidak berfungsi sehingga mengakibatkan air dan sampah berserakan di badan jalan.

Menurut Eric, warga sekitar, yang ditemui media ini saat berupaya membuat jalur air di titian kolom drainase tersebut, mempertanyakan kualitas pengerjaan drainase ini. Pasalnya sepengetahuan dia, drainase ini baru sebulan dikerjakan yakni di penghujung tahun 2017.

“Drainase ini baru sebulan dikerjakan, kalau nggak salah, pada bulan (Desember 2017) kemarin, tapi seperti tidak berfungsi. Jadi airnya tidak mengalir dan meluap ke jalan. ini kerja kejar penghabisan anggaran yang model begini,” keluh Eric.

Drainase Asal Jadi, Air Meluap di Badan Jalan
Luapan Air dari drainase di Jalan Merdeka Kota Manokwari, usai diguyur hujan. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Meski hal ini mungkin dianggap sebagian masyarakat persoalan kecil. Namun jika tak ditangani segera, bisa berdampak luas. Apalagi jika cuaca hujan, volume air juga pasti bertambah.

“Itu memang hal kecil. Tapi tidak pernah diperhatikan. Kalau sudah parah baru diperhatikan,” ujarnya kesal.

Sementara Nurdiansyah, salah satu warga yang kerap melintas di jalan itu juga mengeluhkan hal yang sama. Menurut dia, jika drainase tak segera dibenahi, maka akan berdampak di tempat-tempat lain.

Baca Juga:  ASN Terancam "Ditendang"Jika Terbukti Terlibat Jual-Beli Los Pasar Wosi

“Ini sangat menggangu kami pengendara, khususnya pengendara motor roda dua. Luapan air ke badan jalan itu juga membuat jalan cepat rusak. Apalagi saat hujan, badan jalan juga turut dikotori dengan sampah yang berserakan,” ucapnya.

Masyarakat berharap agar genangan air di badan jalan ini jadi perhatian instansi terkait setiap terjadi hujan. Agar pengendara yang melintas merasa nyaman dan aman. Begitu juga dengan warga yang beraktivitas di area tersebut.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
error: Content is protected !!