Portal Berita Papua Barat

Drainase Bermasalah, Balai Jalan dan Dinas PU Didesak Panggil Kontraktor

13
Drainase Bermasalah
Drainase Bermasalah – Trisep Kambuaya Anggota DPRD Kabupaten Manokwari (Kanan) saat meninjau langsung genangan air hujan yang meluap akibat pekerjaan drainase yang tak maksimal, di sepanjang jalan Mersdeka, Selasa (09/01/2018) Foto: istimewa untuk PBOKe
Manokwari,Papuabaratoke.com – Drainase Bermasalah.  Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Manokwari, dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua Barat, didesak memanggil rekananan atau kontraktor.

Hal itu dikarenakan, pengerjaan drainase sepanjang jalan Merdeka, Kabupaten Manokwari kerap menimbulkan masalah baru. Yakni meluapnya sejumlah air dan sampah di kala hujan deras mengguyur daerah ini. “Kinerja Kontraktor menambah masalah.

Saya selaku Anggota DPRD Manokwari, Fraksi Manokwari Hebat, mendesak Kepala BPJ XVII danKepala Dinas PU Provinsi Papua Barat agar memanggil Kontraktor yang menangani lekerjaan ruas jalan, drainase dan trotoar sepanjang jalan dalam kota Kab Manokwari,” cetus  Trisep Kambuaya Anggota DPRD Kabupaten Manokwari.

Kondisi jalan yang tergenang air depan kantor POS menuju kantor  PELNI Manokwari, usai diguyur hujan, Selasa (09/01/2018) pagi tadi. Foto: istimewa untuk PBOKe

Pasalnya kata dia, pekerjaan yang belum genap 1 tahun ini, bukannya memberikan solusi yang terbaik, malah menciptakan masalah baru. Yaitu terjadi genangan air pada saat hujan di sepanjang ruas jalan di dalam kota.

Menurutnya, hal ini tentu sangat memprihatinkan. Dia kembali menyebutkan, beberapa titik seperti genangan air di depan kantor Pos hingga kantor PELNI Manokwari dan sepanjang jalan Merdeka serta Depan SMP 02 Manokwari.

“Kontraktor yang bekerja harus memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan setelah pekerjaan di laksanakan. Misalnya, pembuatan lubang pembuangan aliran air dari badan jalan atau aspal ke saluran atau parit harus dibuat besar. Pembuangan air sepanjang drainase itu pun harus dipastikan memiliki arah pembuangan yang teratur atau terarah,” ujarnya.

Baca Juga:  Sarana Penunjang OK, Pelayanan Puskesmas Pasti Maksimal

Namun kenyataan tutur Kambuaya, tak demikian,juatru bagian ini tidak diperhatikan dengan baik oleh pihak kontraktor yang menangani pekerjan tersebut.

“Saran saya, Khusus untuk titik utama di sepanjang kantor POS sampai depan kantor PELNI, ada 2 titik saluran yang harus menjadi perhatian serius oleh Dinas terkait. Segera perbaiki drainase dari ruas jalan menuju ke arah laut. Jika hal ini dibiarkan maka pasti akan terus menciptakan masalah baru yang akan mengganggu aktifitas warga Manokwari,” pungkasnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
error: Content is protected !!