Portal Berita Papua Barat

Dukungan Dana Otsus Belum Optimal Berdayakan Ekonomi OAP

0 51
Dukungan Dana Otsus
Dukungan Dana Otsus – Tokoh masyarakat Papua, Frengky Wambrauw, SH.(Foto: Ist)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Dukungan Dana Otsus.  Jumlah alokasi dana otonomi khusus (Otsus) yang digelontorkan Pemerintah Pusat ke Provinsi Papua Barat telah mencapai triliunan rupiah.
Meski demikian, pelaksanaan otonomi khusus, khusus di bidang pemberdayaan ekonomi kerakyatan belum optimal. Demikian hal itu disampaikan Frengky Wambrauw, SH yang mengklaim sebagai salah seorang tokoh masyarakat Papua.
“APBD Induk 2018 di dalamnya ada dana otsus, harus dimanfaatkan untuk memberdayakan OAP (orang asli Papua), terutama pemanfaatan dibidang pemberdayaan ekonomi,” kata Frengky Wambrauw, Senin (12/2/2018).
Kata Frengky, optimalisasi program pemberdayaan ekonomi kerakyatan belum berjalan sesuai amanat Undang Undang Otsus. Pasalnya, belum ada regulasi yang spesifik yang mengatur tentang hal tersebut.
Regulasi yang dimaksudkan Frengky, adalah berupa perdasus maupun perdasi turunan UU Otsus.
Selain pemberdayaan ekonomi kerakyatan, bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur adalah empat sektor prioritas yang diamanatkan di dalam UU Otsus.
“Gubernur dan bupati serta wali kota agar bisa mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah untuk mengoptimalkan program dan kegiatan terkait pemberdayaan ekonomi melalui alokasi dana Otsus,” ucap Frengky.
Dia menyatakan, program dan kegiatan itu bisa diejawantahkan dalam bentuk bantuan modal usaha yang mudah diakses dengan persyaratan yang mudah maupun dukungan sarana dan prasarana yang representatif dan memadai.
“Mama-mama (asli) Papua sudah jeli dalam melihat peluang pasar. Tinggal bagaimana mereka diberdayakan sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing sehingga pemanfaatan dana Otsus benar-benar terasa dan menyentuh kalangan akar rumput,” pungkasnya.
Penulis : Hanas Warpur
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!