Portal Berita Papua Barat

Eksis, FKPM Kelurahan Amban Bangun Enam Pos Kamling

0 7
FKPM Kelurahan Amban Bangun Enam Pos Kamling
Gambar Ilustrasi Pos Kamling FKPM Kelurahan Amban
Manokwari, Papuabaratoke.comFKPM Kelurahan Amban Bangun Enam Pos Kamling.  Mewujudkan kondisi kamtibmas yang kondusif bukan saja tugas kepolisian. Ini menjadi tugas bersama yang membutuhkan dukungan masyarakat. Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah salah satu sarana yang dibangun dalam rangka mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

“FKPM Kelurahan Amban telah membentuk enam pos kamling. Pengurusnya melibatkan tokoh pemuda dan masyarakat. Walau belum berjalan maksimal namun upaya ini kami terus tingkatkan,” kata Ketua FKM, Emus Wihyawari.

Yang bisa melakukan peningkatan kamtibmas di kelurahan Amban adalah masyarakat disekitar lingkungan Amban sendiri. Hal ini diungkap oleh ketua FKPM Kelurahan Amban, Emus Wihyawari, saat bersua dengan Papuabaraoke.com di ruang kerjanya, Rabu (20/9/2017).

Kehadiran FKPM di Kelurahan Amban mendapat dukungan dari elemen masyarakat.
“Bersyukur karena kemitraan ini sangat didukung oleh Kapolsek dan juga Babinsa,” ujar Emus. Eksistensi FKPM juga mendapat dukungan anggaran. Anggaraan tersebut dikucurkan Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Bantuan tersebut berupa 100 buah kursi, 2 buah meja dan 3 buah handy talky (HT) plus uang Rp15 juta.  “Bantuan yang diterima sudah digunakan untuk membangun sekretariat FKPM. Sekretariat kami berada tepat di belakang kantor Kepolisian Sektor Amban,” ucap Emus menerangkan.

Emus berharap, kehadiran FKPM di Kelurahan Amban dapat membantu kerja-kerja aparat dalam memediasi masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga ada solusi bersama.
“Tidak semua persoalan dapat dilalui dengan jalur hukum, semestinya dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Datang, duduk, dan bicara dari hati ke hati,” kata dia sembari mengakui FKPM sudah terlibat lansung dalam menyelesaikan beberapa persoalan.

Baca Juga:  Data Statistik Ikut Tentukan Arah Kebijakan Pembangunan

Guna mengoptimalkan peran FKP, Emus sudah mengajukan proposal bantuan dana. “Sangat berterimakasih karena direspon baik oleh DPR, proposal tersebut kami serahkan lansung kepada Ketua DPRD Manokwari, nilainya Rp300 juta,” bebernya. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!