Portal Berita Papua Barat

Endus Pencurian Modus Baru, Kapolres Manokwari Ingatkan Masyarakat Waspada

0 167
Pencurian Modus Baru
Pencurian Modus Baru – Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK mengingatkan, masyarakat di Manokwari untuk waspada terhada aksi pencurian. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pencurian Modus Baru. Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK kembali mengingatkan, masyarakat di Manokwari untuk waspada terhada aksi pencurian.

Hal ini diungkapkan Erwindi menyikapi terendusnya modus baru dalam setiap aksi yang dilakukan para pelaku.

Erwindi menyebutkan, selainmewaspadai aksi pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) atau yang dikenal dengan istilah 3 C di wilayah Manokwari, masyarakat juga harus waspada adanya modus baru yang kerap terjadi.

Diantaranya, modus pencurian dengan mendatangi langsung ke setiap rumah masyarakat. Yaitu kerap berpura-pura sebagai tenaga mekanik panggilan.

“Kita juga ingin menghimbau masyarakat, harap hati-hati untuk modus pencurian baru. Biasanya mereka datang ke rumah-rumah saat pemilik rumah (Orangtua) tidak ada di rumah. Dan mengatakan kepada anak-anak, mereka datang ke rumah atas perintah Orang tua. mereka menyamar sebagai mekanik atau tukang service,” beber Erwindi kepada Papuabaratoke.com, Sabtu (17/2/2018).

Yang menjadi incaran pelaku dalam modus tersebut, kata dia, adalah barang-barang elektronik, Seperti, televisi, laptop, tape dan elektronik lainnya.

Dia menuturkan, meski hingga kini pihaknya belum menerima laporan secara langsung dari masyarakat yang menjadi korban dengan modus tersebut, namun sepatutnya ia mengingatkan masyarakat agar tetap mewaspadainya.

“Memang sejauh ini belum ada laporan masuk dengan modus seperti itu, cuman untuk mencegahnya, wajib kami ingatkan agar tidak terjadi demikian,” cetus dia.

Dan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan kata dia, tindak kriminal yang masih mendominasi ialah curanmor.

Dikatakan, di seputaran wilayah Sowi 3, berdasarkan kesaksian dari warga setempat, sempat melihat beberapa orang tak dikenal dilengkapi penutup wajah, kerap berada di pinggiran rumah yang di tinggal keluar pemiliknya.

Baca Juga:  As Roda Depan Patah, Sicantik Tergelincir

“Kejadiannya, Jumat (16/2/2018) kemarin dan ini diungkapakan beberapa warga melihat. Salah satu anak warga setempat menceritakan kepada orangtuanya, beruntung tidak ada barang yang hilang,” pintanya.

Untuk itu, Erwindi menghimbau masyarakat mewaspadai modus pencurian ini dengan menambah sistem pengamanan di rumah.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com