Portal Berita Papua Barat

Gagal Eksekusi Koruptor, Kajari Manokwari Dituding “Sakit”

0 17
Gagal Eksekusi Koruptor, Kajari Manokwari, Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy
Gagal Eksekusi Koruptor – Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy. (Foto:Ist)

Manokwari, Papuabaratoke – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manokwari, kembali dianggap gagal mengeksekusi terpidana korupsi hingga institusi ini dituding “Sakit”.

“Sebagai Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia Internasional di Tanah Papua, saya memandang bahwa Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manokwari dapat dikategorikan telah “mengidap” penyakit “gagal eksekutor” para koruptor di Provinsi Papua Barat,”
tukas Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, melalui siaran pers,
Selasa (09/01/2018).

Hal itu terbukti lanjut dia, dari fakta bahwa hingga hari ini, Kajari Manokwari dan jajarannya tak mampu menangkap dan membawa serta menjebloskan pelaku tindak pidana korupsi (Tipikor) sekelas Albert Rombe, SE dalam perkara dana hibah Komite Nasional Olahraga (KONI) Papua Barat.

“Tidak nampak sama sekali adanya catatan yang dapat dibanggakan oleh Kajari Manokwari dalam konteks eksekusi putusan Pengadilan Negeri Manokwari, Pengadilan Tinggi Papua bahkan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang sudah berkekuatan hukum yang tetap (Incracht) dalam perkara Rombe,”
ucap dia.

Warinussy menyebutkan, terpidana koruptor Albert Rombe masih bebas berkeliaran.

Sementara tindakannya yang telah terbukti di pengadilan justru dapat diduga menjadi salah satu faktor penyebab anjloknya prestasi olahraga atlet-atlet Papua Barat dalam PON di Palembang-Sumatera Selatan lalu.

Dengan demikian seharusnya Kajari Manokwari dikenakan sanksi oleh atasannya di Kejaksaan Tinggi Papua maupun Kejaksaan Agung Republik Indonesia bahkan bila perlu segera dilakukan pergantian.

Tak hanya itu, pada bagian lain, sebut Warinussy lagi, terhadap putusan perkara tipikor dana hibah PT.Papua Doberay Mandiri (Padoma) yang telah berkekuatan hukum tetap, juga nampak Kajari Manokwari dan jajarannya sama sekali seakan tak mampu’ mengeksekusi para terpidana yang sudah ada di depan mata.

“Inilah yang saya maksudkan sebagai bentuk “penyakit atau saikit gagal eksekutor”. Karena untuk mengeksekusi para terpidana perkara tipikor dana hibah PT.Padoma yang ada di depan matanya saja, Kajari Manokwari tidak mampu, apalagi dengan “mencari” sang koruptor Dana Hibah Koni Papua Barat, Albert Rombe yang tengah “berkeliaran” bebas entah dimana saat ini,”
pungkas Warinussy.

Baca Juga:  Kejari Manokwari Musnahkan BB Narkotika dan Miras
Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!