Portal Berita Papua Barat

Gawat, Ratusan Botol Madu Palsu Beredar Di Manokwari

0 41
Ratusan Botol Madu Palsu Disita BPOM Manokwari

Manokwari, Papuabaratoke.com – Ratusan Botol Madu Palsu Beredar di Manokwari. Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyita ratusan botol madu palsu. Keberadaan produk palsu ini diendus setelah dilakukan Operasi Gabungan Nasional bersama Polda Papua Barat selama 2 hari (5-6 September).

Kepala BPOM di Manokwari, Mojaza Sirait Rabu (6/9/2017), mengatakan ratusan botol produk madu palsu itu diamankan dari 20 sarana yang tersebar di daerah ini yang menjadi target.

“Sebanyak 20 sarana itu sudah menjadi target lama. Kita temukan produk-produk yang tidak sesuai aturan yang berlaku. Dapat kami pastikan bahwa madu ini produk tanpa ijin edar karena tidak ada ijin dari dinas kesehatan,” kata Sirait.

Baca Juga:  Madu Palsu Diproduksi Sejak 2010

Kata Sirait, produk madu yang dipalsukan adalah merk Madu Alam Sumbawa dan Madu Tawon Wamena. Disinyalir, produk palsu ini didistribukan ke sejumlah swalayan dan toko-toko di Manokwari sejak 2010 silam.

Adapun kisaran harga per botol untuk dua jenis produk tersebut masing-masing Rp180 ribu dan Rp24 ribu. “Padahal harga untuk produk asli kedua madu tersebut Rp 250-300 ribu dan Rp150 ribu. Harga murah ini sebuah indikasi bukan produk asli. Masyarakat harus hati-hati,” ucapnya mengimbau.


[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=Y46_vtGYw7k[/embedyt]

Dia menambahkan, dalam operasi gabungan, BPOM juga mengamankan obat-obatan dan kosmetik ilegal dari sejumlah lapak obat dan lapak kosmetik. Temuan produk madu dan obat-obatan serta kosmetik bermasalah ini ditaksir bernilai ekonimis sebesar Rp 84.967.000.“Kami juga temukan produk obat ilegal, obat-obatan tradisional yang mengandung bahan kimia obat berbahaya serta produk kosmetik ilegal,” ujar dia menambahkan. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com