Portal Berita Papua Barat

Genap 3 Bulan Jabat Kalapas, Ini Terobosan dan Harapan Yosef Yembise

0 103
Terobosan dan Harapan Yosef Yembise, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari, Yosef. B. Yembise bersama warga binaan. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Terobosan dan Harapan Yosef Yembise.  Terobosan dan Harapan Yosef Yembise.  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari, Yosef. B. Yembise terus melahirkan terobosan baru guna terlaksananya peningkatan program pembinaan terhadap warga binaannya.

Tepat, hari ini, Jumat (12/1/2018) genap tiga bulan Yosef. B. Yembise menjabat sebagai Kalapas Kelas II B Manokwari. Yakni dilantik 12 oktober 2017 lalu, menggantikan Luluk Kuncoro sebagi Kalapas lama.

“Benar, hari ini (Jumat 12/1/2018,red) genap 3 bulan saya menjabat dan menjalankan suka duka dalam kepimpinan ini. Dan saya selalu bertekad tetap dapat menjalankan amanah ini sebaiknya,” ucap Yembise kepada Papuabaratoke.com, ditemui diruang kerjanya, Jumat (12/1/2018).

Yosef Yembise mengatakan, pihaknya berupaya melahirkan terobosan dalam proses normalisasi sistem keamanan dan pembinaan terhadap warga binaan. Diantaranya, telah mendisiplinkan para petugas agar meningkatkan pembinaan narapidana secara bertahap dengan maksimal, membuka kelas buta aksara, pemberian kerja nyata lapas berupa cetak batako dan pembuatan pot bunga hias khas papua, cafe pengayom, dan pencucian motor lapas.

Terobosan dan Harapan Yosef Yembise, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari
Salah satu warga binaan Lapas Kelas II B Manokwari, memperlihatkan kerajinan tangan yang tengah dalam proses pembuatan. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

“Selain porgram kedisiplinan bagi jajaran pegawai seperti rutin apel pagi, hadir tanpa keterangan mendapatkan surat SP 1, saya juga terapkan program pelayanan warga binaan dan narapidana. Tujuannya menciptakan swadaya pengolahan keterampilan yang lebih baik. Dimana dari hasil itu akan digunakan sebagian dalam operasional lapas kelas IIB dan juga menjadi penghasilan bagi warga binaan yang kemudian akan diberikan bagi keluarganya di rumah,” terang Yembise.

Yembise juga menuturkan harapan dalam dukungan bagi pembinaan para warga binaan ini dari semua elemen pihak, terlebih dari Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat, dan organisasi pemerintah lainnya.

Yakni diharapkan percepatan relokasi pembangunan Lapas baru sebagaimana telah dijanjikan oleh Pemprov Papua Barat dalam hal memberikan pelepasan tanah.

Baca Juga:  1 Jam Diguyur Hujan, Beberapa Titik Jalur Utama Ibu Kota PB Langganan Banjir

“Harapan saya pemerintah daerah bisa cepat untuk mendukung pelepasan tanah yang telah dijanjikan sekitar 15 hektar itu. Karena sesuai informasi dari Kanwil Kemenkumham juga telah siap anggaran untuk pembangunannya. Makanya saya harap pemerintah Papua Barat bisa konsisten, karena ini terkait pembinaan bagi warga binaan dan narapidana,” jelasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com