Portal Berita Papua Barat

Generasi Penerus Diajak Lestarikan Noken Papua

0 5

Manokwari, Papuabaratoke.com – Keberadaan Noken sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh WHO, memang membanggakan. Namun, bagaimana cara menjaga dan melestarikan Noken agar tak punah ?.

Staf Ahli Gubernur Papua Barat, Robert Rumbekwan, menegaskan Noken merupakan warisan nenek moyang, yang bermakna banyak bagi masyarakat Papua.

“Selain mengajak peran serta masyarakat untuk menjaga dan melestarikan Noken, pesan khusus juga bagi generasi penerus yang diharapkan tak melupakan Noken,” ujarnya, Selasa (5/9/2017) saat Sarasehan dan Pameran Noken Tahun di Gedung Wanita Manokwari.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat ini, digelar hingga tiga hari kedepan, dengan tujuan membantu pelestarian dan upaya pengembangan serta melindungi Noken.
Yunno Lekitoo, Ketua Panitia, menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan memberi pengetahuan dan teknologi proses pembuatan Noken, terutama bagi generasi muda.

“Perlindungan dan pemanfaatan Noken, serta kiat dan cara membuatnya, dirangkum dalam kegiatan ini. kita libatkan peserta dari generasi penerus, khususnya anak sekolah dari tingkat SD hingga perguruan tinggi,” bebernya.(VWM/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!