Portal Berita Papua Barat

Genjot Pemberdayaan Pemuda, Dinsos PB Libatkan Karang Taruna Serayu Sanggeng

0 234
Pemberdayaan Pemuda
Pemberdayaan Pemuda – Kabid pemberdayaan sosial Dinsos Papua Barat, Marthen L. Tirony, SE,MM saat memberikan dukungan bentuk pembinaan kepada kelompok Karang Taruna di Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pemberdayaan Pemuda.  Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Papua Barat melalui bidang pemberdayaan sosial kembali memberikan dukungan bentuk pembinaan kepada kelompok Karang Taruna di Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari.

Hal ini disampaikan Kabid pemberdayaan sosial Dinsos Papua Barat, Marthen L. Tirony, SE,MM yang ditemui Papuabaratoke.com di ruang kerjanya, Selasa (6/3/2018) sore.

Dikatakan, untuk itu, Dinsos gencar menggandeng salah satu wadah pemberdayaan masyarakat, guna memanfaatkan sumberdaya yang ada sebagai energi positif dan kegiatan sosial kepada kelompok pemuda.

“Kita harus optimal dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada. Kami dari Dinsos Papua Barat melibatkan Karang Taruna Serayu Sanggeng untuk menyiapkan jumlah paket Pupuk dan bibit yang akan di bagikan kepada 1300 KUBE dan UEP Tani se kabupaten/kota di Papua Barat,” kata Marthen.

Hal ini lanjut Marthen, untuk mendeskripsikan peran pemerintah dalam upaya pembinaan terhadap karang taruna sebagai kelompok garda utama kepemudaan dalam kelompok masyarakat di Kelurahan Sanggeng yang dikenal masyarakat banyak melakukan kegiatan negatif.

“Kita tidak pungkiri kelompok pemuda sanggeng dinilai oleh masyarakat sebagai kelompok merah. Tapu saya mau katakan tidaklah demikian, para pemuda-pemudi Sanggeng ini adalah kelompok pemuda yang masih terus dibina, dan diberikan kegiatan positif, agar terhindar dari segala unsur tindakan yang mengarah sebagai tindakan kriminalitas,” jelasnya.

Marthen pun, mengapresiasi kelompok pemuda karang taruna Serayu Sanggeng yang telah bekerja selama 2 hari berturut dalam menyiapkan jumlah paketan pupuk yang akan siap dibagikan bidang pemberdayaan sosial, Dinsos Papua Barat kepada kelompok Tani dan masyarakat Tani.

Kabid pemberdayaan sosial Dinsos Papua Barat, Marthen L. Tirony, SE,MM yang ditemui Papuabaratoke.com di ruang kerjanya, Selasa (6/3/2018) sore.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

 

“Sekitar 12 orang, pemuda karang taruna ini telah bekerja selama 2 hari menyiapkan paketan ini. Saya rasa dengan rutin dilibatkan dalam hal ini, pembinaan positif dapat selalu tersalurkan kepada kelompok-kelompok Karang Taruna. Sehingga penting setiap pengurus karang taruna harus juga terampil melihat peluang positif,” pintanya berharap.

Adapun 1300 paketan ini, akan diserahkan kepada Kelompok Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) para Petani yang dibagi dari kelompok pedesaan maupun perkotaan, di 12 kabupaten dan 1 kota di Papua Barat.

Hal ini dalam rangka pemberdayaan kelompok masyarakat tani yang tidak mampu. Beberapa bibit diantaranya seperti ibit Terong Bruno, Kangkung Walet, Bibit Cabe Rawit Catas, Bibit Jagung.

Dan beberapa pupuk lainnya sesuai dengan kondisi pertanahan di Daerah Papua Barat. yakni pada lahan pertanian di dataran rendah dan dataran tinggi.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com