Portal Berita Papua Barat

Gubernur Diminta Usung Waine Jabat Kapolda PB Keempat

0 5

Manokwari, Papuabaratoke.com – Masyarakat Papua Barat, khususnya Orang Asli Papua, menginginkan jabatan Kapolda berikut dipegang putera asli Papua. Saat ini, sosok yang dinilai paling layak adalah Wakapolda Papua Barat, Kombes Pol Pietrus Waine.

Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy SH, mengatakan sosok Pietrus Waine adalah seorang perwira tinggi di Polda Papua Barat, yang memiliki track record baik.

“Dari sisi kepangkatan, jenjang formal dan informal Kepolisian, Pietrus Waine sudah sangat matang sehingga tidak diragukan” tutur Warinussy, diruang kerjanya  Selasa (20 Juni 2017).

Ia menilai salah satu putra terbaik Papua yang meniti karir di Kepolisian adalah Kombes Pol Pietrus Waine. Yang bersangkutan dinilai pantas dipromosikan sebagai Kapolda.

Waine sendiri bukan orang baru karena pernah menjabat sebagai Kapolres Manokwari dan Kapolres Fakfak. Apalagi spesifikasinya adalah Reserse.

‘’spesifikasinya sangat cocok dengan situasi Manokwari dan Kabupaten/Kota lain yang akhir-akhir ini tinggi angka kriminalitas, karena penyakit masyarakat (kitmas) seperti miras, judi, pencurian, pemerkosaan dan tindak kriminal lain,” ungkap Warinussy.

Kapolri Tito Karnavian, lanjutnya, memiliki wewenang untuk menunjuk siapa Kapolda Papua Barat setelah Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin. Namun berdasarkan UU Otsus Tahun 2001, Gubernur mempunyai kewenangan untuk mengusulkan Kapolda di Papua dan Papua Barat.

“Pasal 48 ayat 5 UU Otsus jelas, bahwa Gubernur punya kewenangan untuk mengusulkan. Mewakili masyarakat, kami tantang Gubernur untuk mengusulkan Kombes Pol Pietrus Waine,” tutur Warinussy.

Jika usulan Gubernur diterima, ini merupakan contoh keberhasilan Negara mendidik anak Papua dan diberi kepercayaan sebagai pejabat teras di daerah sendiri.

“Saya yakin, Gubernur kita ini anak adat dan juga kepala Suku Besar Arfak, sehingga paham dan siap memberi rekomendasi,” cetus Warinussy.  (ARN/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!