Portal Berita Papua Barat

Gubernur Mandacan Instruksikan Perusahaan Lindungi Pekerja Dengan BPJS Ketenagakerjaan

0 88
BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan bersama SKPD Disnakertrans dan BPJS, serta Forkompimda, usai upacara peringatn bulan K3 di halaman sekretariat Pemprov Papua Barat, Senin (12/2/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – BPJS Ketenagakerjaan.  Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan menginstruksikan para pemberi kerja atau perusahaan untuk melindungi seluruh pekerjanya dengan mendaftarkan menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan gubernur Mandacan pada acara peringatan bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang digelar di halaman upacara Pemprov Papua Barat, Senin (12/2/2018).

Dikatakannya, dengan mendaftarkan pekerja pada BPJS Ketenagakerjaan, dimaksud agar memberi jaminan pekerja dalam memperoleh perlindungan dari resiko akibat kecelakaan kerja.

“Saya minta SKPD terkait dan para perusahaan agar para pengusahanya untuk mendaftarkan pekerjanya dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan menjadi sangat penting karena melindungi para pekerja kita saat di lapangan dari risiko kerja‎,” ujar Gubernur Mandacan.

Selain itu, Gubernur Mandacan menuturkan, di usia ke empat atau peringatan bulan K3 tahun 2018 yang semakin matang, diharapkan BPJS Ketenagakerjaan semakin bisa memberikan manfaat bagi pekerja Indonesia, khususnya di Papua Barat.

“Saya harap, melalui peringatan K3 ini BPJS Ketenagakerjaan bisa meningkatkan pelayanannya kepada pekerja, bekerja semakin profesional dan berkualitas,” tutur dia

Dan ia mengatakan, melalui momentum peringatan bulan K3 yang bertemakan “mendorong terbentuknya manusia bangsa yang berkarakter” diharapkan kepada perusahaan yang ada dan beroperasi di seluruh wilayah Papua Barat untuk selalu mengoptimalkan dan menjalankan program keselamatan dan kesehatan kerja dan sehingga mampu menekan angka kecelakaan kerja.

“Karena tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya. Juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien.

Menurut dia, salah satu penyebabnya kecelakaan kerja adalah dikarenakan belum optimalnya menejemen program K3 di perusahaan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  LP3KD Diharap Mampu Menjadi Wadah Pembinaan Masyarakat Khatolik

Gubernur Mandacan kembali menegaskan, bahwa perusahaan-perusahaan di Provinsi Papua Barat wajib memberikan jaminan kepada pekerjanya, khusus menjadi peserta BPJS Ketenagaankerjaan.

“Bagi perusahaan harus menerapkan BPJS dengan baik, kami berharap para karyawan ini perlu mendapatkan jaminan pekerjaan yang layak mendapatkan kartu BPJS,” tutup Mandacan.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!