Portal Berita Papua Barat

Gubernur Mandacan: Pembangunan Sektor ESDM Papua Barat Penuh Harapan dan Tantangan

0 73
Pembangunan Sektor ESDM Papua Barat
Pembangunan Sektor ESDM Papua Barat – Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani ketika membuka Rakornis Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral se-Papua Barat. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pembangunan Sektor ESDM Papua Barat.  Wilayah Provinsi Papua Barat memiliki potensi energi dan sumber daya mineral yang cukup potensial, namun pemanfaatannya belum dioptimalkan.

Demikian disampaikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani saat membuka acara rapat koordinasi teknis (Rakornis) Sektor ESDM se-Papua Barat yang berlangsung di salah satu hotel, Kamis (5/4/2018).

“Pembangunan energi dan sumber daya mineral di Papua Barat penuh dengan harapan dan tantangan. Artinya, potensi yang ada belum dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarat,” kata gubernur.

Dikatakan, kondisi itu masih dapat dilihat dengan banyak masyarakat di kampung-kampung terpencil yang belum menikmati listrik, hidup biasa-biasa saja. Meski di sekitar tempatnya terdapat minyak dan gas yang dieksploitasi secara luar biasa.

Juga masih terdapat penambangan emas secara liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang merugikan masyarakat. Atas kondisi ini, gubernur meminta jajaran energi dan sumber daya mineral dari pusat hingga daerah melaksanakan tugas secara optimal guna mengangkat taraf hidup masyarakat.

“Pengelolaan dan pemanfaatan energi dan sumber daya mineral di Papua Barat tetap harus memperhatikan kebijakan provinsi Papua Barat sebagai provinsi konservasi sehingga dalam pelaksanaannya tetap menjaga kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan,” imbau gubernur.

Ditambahkan, rapat koordinasi teknis memiliki makna penting dalam rangka mengoordinasikan dan menyinkronkan usulan program dan kegiatan sektor ESDM yang diajukan dari pusat hingga daerah.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!