Portal Berita Papua Barat

Hadiri Syukuran PBOKe, Ini Pesan Ketua PWI PB

0 35
Syukuran PBOKe
Syukuran PBOKe – Ketua PWI Papua Barat, Bustam.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Syukuran PBOKe.  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, Bustam mengingatkan media massa bersikap independen dalam memainkan peran dan fungsinya.

Hal ini diutarakannya saat memberikan sambutan pengatar dalam acara syukuran gedung Kantor media online Papuabaratoke.com, di Jalan Merdeka Manokwari Barat, Rabu (31/1/2018).

Ketua PWI Papua Barat Bustam mengatakan, hal ini sebuah nilai konsentrasi untuk memacu sebuah langkah dalam meningkatkan sinergitas. Redaksi harus menjalankan kontrol sosialnya secara baik dan tanpa intervensi.

Sehingga meski bersifat Bisnis namun dari sisi pemberitaan dan publikasi harus terintregitas. Para wartawan pun harus mampu memiliki sikap independen. “Independensi etis harus dijaga, baik dalam bersikap maupun secara organisasi, berbisnis dan melakukan pemberitaan,” pesan Bustam.

Bustam mengingatkan, laju informasi dalam media sosial tak dapat dibendung. Sehingga penting peran semua pihak, dalam kemunculan media-media yang begitu merambat luas, harus benar-benar selektif mengecek dan mengcroscek isi tautan dan mutu kualitas informasi.

“Perusahaan media harus berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), wartawan harus rata-rata telah mendapatkan pelatihan atau pengetahuan tentang apa itu tugas jurnalistik, sesuai amanah UU Pers, dan ditunjang Uji Kompetensi Wartawan (UKW), atau minimal pemimpin redaksi telah mempunyai legalitas sebagai wartawan utama,” cetus Bustam.

Sementara menanggapi, alur informasi yang digadang-gadang dari Dewan Pers ihwal hanya mengakui dan menetapkan beberapa media yang telah terverifikasi. Bustam menegaskan, kiranya hal itu dijadikan sebagai penyemangat mendorong media massa yang belum terverifikasi agar segera melengkapi persyaratan tersebut.

“Dewan Pers, tidak pernah mengeluarkan statement adanya kemunculan jangan melayani tenaga kerja atau wartawan yang medianya belum terverifikasi. Tapi dengan adanya info tersebut, mari bersama kita berbenah sehingga kedepan dapat menciptakan wartawan dan pemberitaan yang berkualitas,” Pungkas Bustam.

Baca Juga:  Gereja Bertanggung Jawab Lestarikan Keturunan Asli Papua
Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com