Portal Berita Papua Barat

Hanya Tujuh Parpol “MS” Faktual 100 Persen di Papua Barat

0 279
Faktual 100 Persen di Papua Barat
Faktual 100 Persen di Papua Barat – Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana didampingi empat komisioner lainnya, yakni Yotam Senis, Pascalis Semunya, Abdul Halim Sidhiq dan Christen Rumkabu serta sekertaris KPU, Tamrin Payapoh pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual Parpol calon peserta pemilu 2019, yang digelar di Sekretariat KPU setempat, Senin, (12/2/2018) sore. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Faktual 100 Persen di Papua Barat.  Hanya tujuh partai politik (Parpol) yang memenuhi syarat (MS) 100 persen dalam verifikasi faktual calon peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. Diantaranya, Partai Perindo, Garuda, Demokrat, PDIP, Nasdem dan Hanura serta Golkar.

Hal ini dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual Parpol calon peserta pemilu 2019, yang digelar di Sekretariat KPU setempat sejak Minggu hingga Senin, (12/2/2018) sore.

Komisioner KPU Papua Barat divisi hukum, Yotam Senis mengatakan, ke tujuh Parpol ini memiliki penyebaran kepengurusan di 13 kabupten/kota yang ada di Papua Barat. Dan ini sebagaimana ketentuan PKPU Nomor 6 Tahun 2018 yang meliputi kepengurusan Parpol seperti jabatan Ketua, Sekertaris serta Bendahara. Dan keterwakilan perempuan 30 persen, domisil kantor atau kesekretariatan serta keanggotaan.

“Jadi memang ada beberapa Parpol aja yang memiliki kepengurusan lengkap di 13 kabupaten/kota. Sedangkan Parpol lain, ada yang hanya di 10 dan di 11 kabupaten/kota saja,” kata Yotam yang dikonfirmasi usai kegiatan tersebut.

Sedangkan sembilan Parpol lainnya, yaitu PSI, Berkarya, Gerindra, PKB, PPP, PKS, PAN dan PKPI serta PBB, meski tak mencapai MS 100 persen dalam verifikasi faktual namun tetap dinyatakan lolos di tingkat KPU Papua Barat.

“Karena sesuai Peraturan KPU, bahwa presentasi akumulasi untuk menyatakan Parpol tersebut memenuhi syarat atau tidak, di KPU kabupaten/kota adalah 50 persen. Sedangkan di tingkat KPU provinsi 75 persen dan KPU RI 100 persen,” jelas Yotam.

Yotam menjelaskan, bahwa hasil penetapan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual ini akan dikirim ke KPU RI untuk dilakukan verifikasi faktual secara nasioanal. Dan kata dia, KPU RI nantinya akan mengumumkan Parpol mana saja yang dinyatakan memenuhi syarat 100 persen di tingkat verifikasi faktual secara nasional.

“Pada Rabu besok seluruh KPU tingkat Provinsi akan menyerahkan hasil yang sama sebagaiman hari ini yang kita lakukan. Jadi verfikasi faktual secara nasioanal oleh KPU RI akan dimulai Rabu 13 hingga 14 Februari 2018,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ketua MRPB : Parpol Harus Utamakan Caleg OAP

Adapun rincian hasil verifikasi faktual di tingkat KPU Papua Barat adalah, di urutan pertama ada PSI, memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 11 kabupaten/kota. Selanjutnya, Partai Perindo, memenuhi syarat 100 persen dengan penyebaran di 13 kabupaten/kota. Dan Garuda memenuhi syarat 100 persen dengan penyebaran di 13 kabupaten/kota.

Kemudian, Partai Berkarya memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 11 kabupaten/kota. Partai Demokrat memenuhi syarat 100 persen dengan penyebaran kepengurusan di 13 kabupaten/kota. Partai Gerindara memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 12 kabupaten/kota. PKB memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 12 kabupaten/kota.

Berikut, PPP memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 11 kabupaten/kota. Dan PKS memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 11 kabupaten/kota. PDIP memenuhi syarat 100 persen dengan penyebaran kepengurusan di 13 kabupeten/kota. PAN memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 12 kabupaten/kota.

Nasdem memenuhi syarat 100 persen dengan penyebaran kepengurusan di 13 kabupeten/kota. Partai Hanura memenuhi syarat 100 persen dengan penyebaran kepengurusan di 13 kabupaten/kota. Parati Golkar memnuhi syarat 100 persen dengan penyebaran kepengurusan di 13 kabupaten/kota.

Faktual 100 Persen di Papua Barat
Faktual 100 Persen di Papua Barat – Penandatanganan berita acara penetapan hasil Pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual Parpol peserta Pemilu 2019, oleh Komisioner KPU Papua Barat, Amus Atkanan, Yotam Senis, Pascalis Semunya, Abdul Halim Sidhiq dan Christin Rumkabu, di Sekretariat KPU setempat, Senin, (12/2/2018) sore. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

Disusul PKPI, memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 11 kabupaten/kota. Dan PBB memenuhi syarat dengan penyebaran kepengurusan di 10 kabupaten/kota.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana didampingi empat komisioner lainnya, yakni Yotam Senis, Pascalis Semunya, Abdul Halim Sidhiq dan Christen Rumkabu serta sekertaris KPU, Tamrin Payapoh.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual Parpol calon peserta pemilu 2019 ini selain dihdiri KPU dari 13 kabupaten/kota, juga dari pimpinan Parpol serta Komisioner Bawaslu Papua Barat.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com